Selamat Datang!

Hidayat Nur Wahid: Presiden Harusnya Dukung Riset Vaksin dengan Anggaran Memadai

Wakil Ketua MPR RI Dr HM Hidayat Nur Wahid MA/foto: istimewa
JAKARTA (ranahpesisir.com)- Wakil Ketua MPR RI Dr HM Hidayat Nur Wahid MA, mengomentari pernyataan Presiden yang hendak berdamai dengan Covid-19. Menurut Hidayat, keinginan berdamai dengan Covid-19, itu mestinya dibarengi dengan kebijakan perintah kepada Kemenristek, Kemenkes serta lembaga-lembaga lain, melakukan koordinasi serta kerjasama agar segera menemukan vaksin Covid-19.

Karena itu pemerintah harus mendukung riset di Kemenristek, dengan anggaran yang memadai. Tidak malah memotongnya. Mengajak berperang atau berdamai dengan corona, hingga ditemukan vaksin, tanpa usaha serius dan anggaran yang memadai untuk riset, menurut Hidayat akan menjadi bukti bahwa Pemerintah tak serius ingin memutus penyebaran virus Covid-19.

Pasalnya, anggaran di Kemenristek tidak mengalami penambahan, bahkan dipotong besar-besaran. Padahal, riset sangat dibutuhkan untuk menemukan vaksin Covid-19 sebagai cara efektif untuk menyelesaikan darurat kesehatan bencana nasional Covid-19. Apalagi jumlah korban yang terpapar semakin banyak, termasuk korban meninggal dari kalangan tenaga kesehatan.

“Untuk menyelamatkan rakyat Indonesia dan NKRI, mestinya Presiden komitmen dengan menambahkan anggaran riset untuk percepatan penemuan vaksin, bukan malah memangkasnya. Pak Jokowi, kita tidak akan bisa menang perang atau berdamai dengan Korona, dan berdaulat secara kesehatan, jika kita tidak maksimal mendukung upaya penemuan vaksin," demikian disampaikan Hidayat dalam keterangan tertulis di Jakarta (10/5/2020).

Mengutip Perpres 54/2020 yang memotong anggaran Kemenristekdikti sebesar Rp 40 triliun, menurut Hidayat itu adalah prosentasi potongan anggaran terbesar, dibanding pemotongan Kementrian lainnya.

Meskipun Pemerintah bisa berkilah bahwa pemotongan itu terkait perubahan nomenklatur, ruang realokasi internal Kemenristek, namun untuk mendukung riset vaksin tentu semakin kecil, apalagi dengan hanya anggaran tersisa sebesar Rp 2 triliun. Bahkan, Menteri Ristek menyebutkan bahwa pihaknya hanya menganggarkan Rp 40 miliar untuk riset vaksin Covid-19.

Politisi PKS ini menyebutkan dalam kondisi normal, idealnya dana riset tidak kurang dari 2% PDB, namun Indonesia selama ini masih terjebak di kisaran 0,3% PDB. Apalagi dalam situasi pandemi dan bencana nasional yang mengancam eksistensi Bangsa. Karena itu menurut Hidayat pemerintah harus memprioritaskan anggaran riset.

Ia bahkan mencontohkan anggaran riset vaksin di beberapa negara sangatlah besar. Di Amerika Serikat misalnya mencapai Rp 16,3 triliun, India sebesar Rp 1,6 triliun, dan Inggris dengan Rp 1,1 triliun.

“Saya khawatir Indonesia terlambat menemukan vaksin Covid-19, dan mengakibatkan semakin banyak korban yang jatuh akibat Covid-19. Karena itu agar perang melawan Covid-19 yang digaungkan Presiden Jokowi saat konferensi virtual G20 bisa dimenangkan, pemerintah perlu senjata yang efektif antara lain adanya vaksin. Kalaupun damai, maka damai dengan Covid-19 akan bermanfaat dan selamatkan Bangsa, bila vaksin itu segera ditemukan oleh pihak Indonesia. Dan itu hanya akan terjadi bila Pemerintah serius mendorong riset untuk menemukan vaksin covid-19. Untuk itu pemerintah harus segera merealokasi anggaran untuk meningkatkan anggaran riset di Kemenristek dan Kemenkes, bukan malah memotongnya," jelas Hidayat lagi.

Hidayat mencemaskan ketidakseriusan ini sebagai tanda bahwa rakyat disuruh cari selamat sendiri tanpa keseriusan Pemerintah. Menurutnya, hal ini akan tercatat sebagai preseden buruk dalam sejarah bangsa.

“Mestinya Pemerintah lebih serius, tidak sekedar menunggu ditemukannya vaksin dan rakyat dibuat bingung, dengan pernyataan dan kebijakan pejabat negara yang simpang siur, gonta-ganti, dan tidak fokus untuk efektif atasi penyebaran Covid-19, seperti masalah transportasi dan PSBB itu," pungkas Hidayat.(*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com