Selamat Datang!

Sekarang Test PCR dan TCM Bisa Dilakukan di RSUD Dr M Ashari Pemalang

Bupati Pemalang H Junaedi dalam konferensi pers sampaikan langkah dan upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pemalang yang mengalami kemajuan/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Langkah dan upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pemalang terus mengalami kemajuan. Seperti yang baru-baru ini disampaikan Bupati Pemalang H Junaedi yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang saat konferensi pers di Posko gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, Kamis malam (28/5/2020).

"Dengan mengucapkan syukur alhamdulilah saya informasikan bahwa terhitung mulai tanggal 26 mei 2020 Laboratorium Rumah sakit Dr M Ashari yang milik Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang secara resmi telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai laboratorium rujukan yang dapat melakukan pemeriksaan untuk mengetahui virus Covid-19 dengan deteksi informasi genetik atau kita kenal dengan PCR dan TCM," ungkap Junaedi.

Bupati menegaskan bahwa dengan kemajuan pemeriksaan guna mengetahui Covid-19 melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Tes Cepat Molekuler (TCM) maka RSUD Dr M Ashari dapat melakukan pemeriksaan secara mandiri.

Pada saat Bupati Pemalang menyampaikan hal itu hadir juga Dr Sunardo Budi Santoso selaku Kepala RSUD Dr M Ashari.

"Artinya saat ini RSUD Dr M Ashari Pemalang sudah mampu melakukan pemeriksaan Covid-19 secara mandiri, kita tidak perlu lagi mengirimkan sampel swab yang ditunjuk diluar kota," jelas Bupati Pemalang.

Disamping itu Bupati juga menginformasikan kesembuhan satu tenaga medis terpapar Covid-19 yang pada waktu lalu masih dinyatakan positif.

"Satu-satunya tenaga kesehatan yang beberapa waktu lalu masih dinyatakan terkonfirmasi positif hari ini alhamdulilah berdasarkan hasil pemeriksaan swab sudah dinyatakan positif atau sembuh, tenaga kesehatan tersebut berinisial Y jenis kelamin perempuan usia (39) asal Kecamatan Pemalang," terang Bupati.

Masih kata Junaedi, selain tenaga medis kabar kesembuhan juga datang dari salah satu warga masyarakat yang sebelumnya dinyatakan terpapar Covid-19.

"Dan selanjutnya saya juga menginformasikan bahwa satu orang warga masyarakat yang beberapa waktu lalu juga diinformasikan terkonfirmasi positif, alhamdulilah hari ini juga sudah dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan laboratorium," lanjut Bupati.

Warga masyarakat yang dinyatakan sembuh dari corona tersebut berinisial B, jenis kelamin perempuan, usia (33) asal Kecamatan Petarukan.

Dengan kesembuhan 2 orang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 itu, maka update data pantauan Covid-19 di Kabupaten Pemalang berubah menjadi total positif 28 orang, positif dirawat 3 orang, positif sembuh 24 orang, dan positif meninggal 1 orang. (Eriko GD)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com