Selamat Datang!

Brebes Terima Bantuan Modal Olahan UMKM dari Gubernur Jateng

MODAL OLAHAN- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH secara simbolis menyerahkan bantuan modal olahan UMKM dari Gubernur Jateng kepada para pelaku usaha yang omzetnya menurun akibat terdampak Covid-19/foto: wasdiun
BREBES (ranahpesisir.com)- Bantuan berupa bahan olahan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diserahkan secara simbolis oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, di depan toko SRC Ety Cell Dukuh Banjarsari Desa Dukuhringin Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Jumat (12/6/2020).

“Karena para pelaku UMKM yang agak lesu, penjualan dan omzet menurun akibat Covid-19, maka Pak Ganjar ikut menyuntik dengan peralatan dan bantuan bahan baku agar menjadi modal untuk bisa berproduksi dan berdagang lagi," kata Bupati.

Bantuan itu, lanjutnya, diwujudkan dalam bentuk bahan baku seperti tepung, gula, minyak goreng dan telur. Bantuan keseluruhan se Jawa Tengah senilai Rp 38 miliar.

Menurut Bupati, bantuan itu merupakan wujud jaring pengaman ekonomi (JPE), agar UMKM tidak sampai mati di tengah pandemi.

"Meski omzetnya tidak seperti sebelumnya, tapi harus tetap semangat, berjalan terus dan ada omzetnya. Mereka harus bisa bertahan hidup dan dapur tetap harus ngebul," ujarnya.

Bupati menjelaskan, bantuan di masa pandemi terus bergulir dengan berbagai macam bentuk dan nama. Yang pada intinya, agar masyarakat bisa terus bergerak maju perekonomiannya meskipun didera Covid-19.

Ada BST Kemensos, BST APBD, BLT DD, termasuk dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten dan lain-lain. Ada juga bantuan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan hand sanitizer.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Zaenudin MSi menjelaskan, para pelaku UMKM di Brebes yang menerima bantuan dari Gubernur Jateng sebanyak 78 pelaku UMKM.

“Mereka, masing-masing mendapatkan 50 kilogram telor ayam, 75 kilogram tepung terigu, 50 kilogram gula pasir dan 40 liter minyak goreng,” terang Zaenudin.

Salah seorang pelaku usaha, Ety mengaku senang mendapatkan suntikan bantuan bahan baku olahan dari Gubernur Jateng. Dirinya mengaku mengalami penurunan penghasilan akibat dampak Covid-19. Diantaranya, karena orang yang biasanya pesen kue-kue sekarang tidak.

“Kelompok pengajian, jamiyahan, tahlilan dan kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan tidak ada. Sehingga gak ada pesenan konsumsi,” ungkapnya. (was/*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com