Selamat Datang!

Webinar, Bupati Kendal Sampaikan Program Inovasi Smart City di Masa Pendemi Covid-19

Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi/foto: AK
KENDAL (ranahpesisir.com)- Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi menjadi salah satu dari empat narasumber yang mengisi Webinar dengan mengangkat tema "Implementasi Smart City, Village dan Region pada Masa Pandemi Covid-19 dan dalam menghadapi New Normal".

Dalam paparan diskusi tersebut Mirna Annisa menyampaikan, beberapa program inovasi Smart City pada masa Pandemi Covid-19.

"Terdapat 11 program prioritas beberapa diantaranya adalah pendapatan masyarakat dengan mall online (marketplace), pendidikan dengan E-Book, serta kesehatan dengan Yankes Online," jelas Bupati Kendal, Senin (29/6/2020).

Sementara terkait pandemi Covid-19, Mirna Annisa menyampaikan telah membuat berbagai kebijakan diantaranya Perbub No 51 Tahun 2020 tentang kewajiban penggunaan masker dan jaga jarak fisik, SE panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan, SE pembatasan aktifitas kegiatan bagi pelaku usaha, dan SE himbauan pembatasan aktifitas kegiatan masyarakat.

Adapun langkah-langkah pencegahan Covid-19 di Kendal yakni rumah karantina telah disiapkan oleh setiap desa dengan kesadaran mandiri, termasuk saat ini adanya Kampung Tangguh Nusantara mulai menyebar di seluruh desa yang ada di Kendal.

Sementara itu Dr Rini Rachmawati SSi MT selaku koordinator kelompok studi Smart City, Village dan Region Sekertaris Geografis, Fakultas Geografi UGM memberikan apresiasi kepada Bupati Kendal terkait penanganan Covid-19, termasuk pemanfaatan aplikasi yang dapat diakses hingga tingkat RT.

“Sungguh baik apa yang sudah dilakukan Bupati Kendal, seperti yang diketahui bahwa kasus positif di daerah tersebut memang meningkat, namun warga yang positif rata-rata merupakan orang Kendal yang bekerja di luar Kendal. Penerapan Poskamling pintar juga bekerja dengan baik, sehingga kejadian darurat yang terjadi dapat segera dilaporkan,” terang Rini Rachmawati.

Sedangkan dalam acara webinar tersebut tiga Kepala Daerah lain yang menjadi nasarsumber adalah Bupati Kebumen, Bupati Empat Lawang dan Bupati Kutai Timur.

Seluruhnya menyampaikan program yang telah diimplementasikan di masing-masing daerah terkait persiapan menghadapai New Normal.

Kabupaten Kebumen yang menjadi salah satu pemenang dalam program video New Normal pada kategori Pasar Modern turut memaparkan idenya dan menjadi sumber diskusi. (AK/*)


Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com