Selamat Datang!

Di Kendal, Persentase Kesembuhan Covid-19 Berada di Atas 30 Persen

Kepala Dinkes Kabupaten Kendal, Drs Ferinando RAD Bonay/foto: AK
KENDAL (ranahpesisir.com)-Tingginya kasus positif Kabupaten Kendal terhitung masih memiliki status kesembuhan yang cukup tinggi dengan persentase diatas 30 persen atau masuk nomor 4 dari 5 Kabupaten/Kota dengan grafik peningkatan Covid-19 tertinggi yang berdekatan dengan Kota Semarang.

Adapun pergerakan grafik angka positif Vovid-19 di Kabupaten Kendal sampai saat ini terus mengalami peningkatan hingga melebihi 120 kasus yang telah terverifikasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal Drs Ferinando RAD Bonay, Kamis (16/7/2020) mengatakan, kasus positif terus mengalami peningkatan lantaran Dinkes selalu melakukan uji rapid secara masal, namun hal ini turut di iringi dengan angka kesembuhan.

“Rapid test memang kita lakukan secara aktif termasuk swab selalu kita lakukan, disisi lain angka kesembuhan juga turut meningkat setidaknya mencapai 31,2% hal ini bila kita bandingkan dengan daerah lain yang berdekatan dengan Kota Semarang kita berada di urutan nomor 4,” jelas Ferinando RAD Bonay.

Lebih lanjut Ferinando menerangkan perbandingan tersebut diungkapkan lantaran Kota Semarang merupakan daerah paling tinggi untuk kasus Covid-19, sedangkan dari daerah yang menjadi pembanding diantaranya Kabupaten Batang dengan kesembuhan 55,1%, Kota Semarang 49,32%, Kabupaten Grobogan 38,7%, Kabupaten Kendal 31,2?n Kabupaten Demak 27,7%.

Sementara untuk kasus kematian yang ada di Kendal akibat Covid-19 terdapat 5 orang, namun ke 5 orang tersebut meninggal tidak disebabkan murni karena Covid-19 melainkan terdapat penyakit bawaan seperti Diabetes Melitus, Asma, HIV, Stroke dan Hipertensi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal saat ini telah membeli alat PCR (Polymerase Chain Reaction) yang nantinya akan diletakkan di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC), adanya alat tersebut dapat membantu petugas medis sekaligus mengurangi biaya perawatan lantaran dalam waktu 3,5 jam hasil swab sudah dapat diketehui apakah pasien positif atau tidak.

Dari data Dinas Kesehatan sampai saat ini untuk pasien yang dirawat terdapaat 42 pasien di RSDC, 27 pasien di Rumah Sakit yang Berada di Kabupaten Kendal dan 22 pasien dirawat di RS luar Kabupaten Kendal.

Sebagai upaya dari pihak Dinas Kesehatan Kendal dalam penanganan pandemi Covid-19, pihak Dinkes terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya penggunaan masker serta protokol kesehatan, serta aktif melakukan Rapid Test maupaun tracking. Kadinkes juga meminta kepada satgas covid desa untuk kembali mengaktifkan isolasi mandiri dengan program jogo tonggo. (AK/*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com