Selamat Datang!

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, TNI-Polri Bersama Pemkab Pemalang Panen Padi

PANEN PADI- Wujudkan ketahanan pangan nasional, TNI-Polri bersama Pemkab Pemalang melaksanakan panen padi di Desa Kaligelang Kecamatan Taman, Sabtu (18/7/2020)/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional sebagai langkah percepatan pemulihan ekonomi nasional, TNI-Polri bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang Jawa Tengah memanen padi di persawahan Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/7/2020).

Dalam acara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi bersama Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, serta anggota DPR RI Komisi III Eva Yuliana memanen padi secara simbolis sebagai pembuka panen raya padi di Pemalang.

Turut mendampingi Bupati Pemalang H Junaedi, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, serta Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan.

Dalam keterangannya kepada awak media, Kapolda Jateng mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk keikutsertaan Polri dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional sesuai instruksi Presiden RI.

"Seperti instruksi bapak Presiden bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk segera ikut serta dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional, dan ini direspon baik oleh seluruh jajaran, khususnya Polda Jawa Tengah dan Kodam IV Diponegoro yang dijabarkan dalam bentuk harian, dimana para Kapolres dan Bupati telah menyiapkan kegiatan ini ditengah-tengah masyarakat untuk mengeliminir adanya dampak Covid-19 di wilayah masing-masing," terang Irjen Pol Ahmad Lutfi.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendidik masyarakat dalam rangka ketahanan pangan nasional.

"Ini terus kita lakukan tidak hanya panen raya padi, tetapi ada penaburan benih ikan kemudian panen mangga dan sebagainya, ini semua kita gunakan untuk mendidik masyarakat kita dalam rangka ketahanan pangan nasional," jelas Kapolda Jateng.

Seusai memanen padi di Desa Kaligelang, acara kemudian dilanjut panen Mangga Istana di Desa Penggarit Kecamatan Taman, dan selanjutnya Kapolda bersama rombongan berkesempatan menjelajah Alas (Hutan) Penggarit menggunakan mobil Off-road untuk menuju ke lokasi acara yang terakhir yakni penaburan benih ikan, tepatnya di pintu air aliran sungai Bendungan Sokawati, Kecamatan Ampelgading, Pemalang.

Jelajah Alas Penggarit tersebut merupakan bagian dari perayaan HUT Bhayangkara Ke-74.

Disamping mewujudkan ketahanan pangan nasional, TNI-Polri dan Pemkab Pemalang juga menggandeng komunitas Off-road Pemalang dalam bakti sosial (Baksos) peduli Covid-19 yang juga bagian dari rentetan acara ini.

Sejumlah bantuan berupa paket sembako diberikan kepada warga sekitar lokasi digelarnya acara.
(Eriko GD)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com