Selamat Datang!

Milad Setahun, Menjadikan Keris Membumi di Tlatah Tegal

TOSAN AJI- Milad 1 Tahun Paguyuban Pecinta Keris Tegal selenggarakan rangkaian kegiatan dengan tema "Menjadikan Keris Membumi di Tlatah Tegal" di Taman Rakyat Slawi (Trasa) Kabupaten Tegal, Sabtu (21/8/2020)/foto:  istimewa
SLAWI (ranahpesisir.com)- Keris adalah benda budaya yang eksotik dan original. Keris merupakan karya seni dan benda budaya asli nusantara. Budaya keris terbentang dari ujung barat Pulau Sumatera, semenanjung Siam dan Sulu di utara, Gugusan Kepulauan Maluku di timur dan Kepulauan Nusa Tenggara di selatan. Keris menjadi identitas pengikat yang mendorong rasa kebangsaan itu muncul, tumbuh berkembang dan subur di Nusantara ini. Budaya keris menyebar sejalan dengan perdagangan dan hubungan diplomatik diantara kerajaan kerajaan di Nusantara ini.

Terkait diatas, Paguyuban Pencinta Keris Tegal dengan tema "Menjadikan Keris Membumi di Tlatah Tegal" menggelar Milad 1 tahun yang di isi beragam kegiatan seperti Pameran dan Bursa Tosan Aji, Perawatan dan Jamasan Tosan Aji, Santunan Anak Yatim dan Malam Tirakatan dan gendu gendu rasa antar Paguyuban Tosan Aji digelar di Taman Rakyat Slawi (Trasa) Procot Slawi Kabupaten Tegal, Sabtu (21/8/2020).

Ketua Panitia Milad 1 Tahun Paguyuban Pecinta Keris Tegal, Agus Dwi Cahyono SH mengemukakan Paguyuban Pecinta Keris Tegal adalah paguyuban pecinta tosan aji yang berada di tlatah Tegal, berdiri 23 Agustus 2019 atas prakarsa KRT Rosa Mulya Aji. Dalam perjalanan waktu KRT Rosa meminta diangkat menjadi sekretaris paguyuban.

"Satu tahun perjalanan Paguyuban Pecinta Keris Tegal merupakan usia yang masih sangat muda dan dini untuk membuktikan eksistensi sebagai paguyuban besar, namun itu bukan sebuah penghalang," terang Agus Dwi.

Targetnya adalah menjadi organisasi yang berperan aktif dalam pelestarian budaya, khususnya Tosan Aji. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian Tosan Aji, serta menyosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang Tosan Aji kepada generasi muda yang secara tidak langsung berperan dalam menyukseskan program kerja dari visi misi Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih dalam bidang budaya.

Yang dalam visi misinya mengatakan kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa yang spesifik dijelaskan, manusia Indonesia yang akan kita bangun bukan hanya manusia yang produktif, unggul dan berdaya saing, tapi juga manusia Indonesia yang berkarakter dan memiliki kepribadian bangsa sesuai dengan Pancasila, memegang teguh Bhineka Tunggal Ika dan melaksanakan secara konsiten langkah strategis.

Agus Dwi menjelaskan bahwa tujuan kegiatan adalah Refleksi peringatan 1 tahun terbentuknya Paguyuban Pecinta Keris Tegal, sarana silaturahmi berkumpulnya paguyuban pecinta keris yang ada diwilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Selain itu Milad 1 Tahun sebagai salah satu sarana sosialisasi, informasi, edukasi akan benda budaya peninggalan leluhur bangsa Indonesia, khususnya Tosan Aji. Kemudian meningkatkan persatuan dan kesatuan bansa antar pecinta keris diwilayah Jawa Tengah serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya nusantara.

Kegiatan perayaan Milad 1 Tahun Paguyuban Pecinta Keris Tegal, tambahnya, diikuti oleh perwakilan dari 11 paguyuban pecinta keris se Jawa Tengah dan sekitarnya. Yakni Kabupaten Brebes bagian utara dan selatan, Kota Tegal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Purwokerto, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang dan Kabupaten Grobogan. (dik)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com