Selamat Datang!

Paban VI/Ops DN Sopsad Christian Kurnianto Tehuteru Kunjungi Satuan Yonif 407/PK

Paban VI/Ops Sopsad Christian KurniantoTehuteru Kunjungi Satuan Yonif 407/PK
SLAWI (ranahpesisir.com)- Dalam rangka meninjau kesiapan tugas operasi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di wilayah Kalimantan Barat, Paban VI/Ops DN (Dalam Negeri) Sopsad Christian Kurnianto Tehuteru mengunjungi Satuan Yonif 407/Padmakusuma, Jumat (14/08/2020).

Turut hadir mendampingi kegiatan Riksiapops, Danbrigif -4/DR Kolonel Inf Endar Setyanto, Waasops Kasdam IV/Dip, Waaster Kasdam IV/Dip, Waaspers Kasdam IV/Dip, Dandenkesyah 04.04.01 Purwokerto, Waka Bekang Kodam IV/Dip, Waka Paldam Kodam IV/Dip, Waka Topdam Kodam IV/Dip, Waka Kumdam Kodam IV/Dip, Waka Bintaldam IV/Dip, Waka Hubdam IV/Dip, Waka Pendam IV/Dip dan para Kasi Brigif -4/DR.

Bertempat di ruang Yudha Mako Yonif 407/PK, Komandan Yonif 407/PK selaku Dansatgas Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat memaparkan kesiapan operasi Satgas Pamtas kepada Paban VI/Ops DN (Dalam Negeri) Sopsad Christian Kurnianto Tehuteru.

Selanjutnya, Paban VI/Ops DN (Dalam Negeri) Sopsad Christian Kurnianto Tehuteru beserta rombongan memeriksa secara keseluruhan kesiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK dan memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit.

Pemeriksaan dimulai dari kesiapan bidang Intelijen, bidang Operasi, bidang Minlog, Alkom, Alkes dan obat-obatan, sarana dan prasarana bidang Teritorial, kelengkapan (protap) dan kesiapan prajurit serta kendaraan dinas (Ambulance, Strada dan Truck) yang akan dibawa ke medan operasi penugasan.

Menurutnya, Satuan Yonif 407/Padmakusuma bersih dan rapi. Dengan demikian, satuan seperti ini diharapkan bisa memberi filosofi kepada prajurit untuk dapat melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia dengan hati yang bersih, tulus dan iklas untuk melaksanakan tugas ini.

Diharapkan untuk anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK mengerti serta memahami tugas dan tanggungjawabnya. Mengerti cuaca, kondisi alam, lingkungan masyarakat, sosial budaya serta memahamai tentang daerah operasi yang akan dimasuki.

“Setelah saya periksa, Satuan Yonif 407/Padmakusuma ini siap melaksanakan tugas operasi. Oleh karena itu, dengan waktu yang ada tolong disiapkan jauh lebih matang lagi sebelum pemeriksaan dari Mabes TNI,” ungkapnya.

Pihaknya belum tau jadwalnya kapan, tetapi tetap mengantisipasi dan tetap meng-update segala informasi kepada anggota, sehingga para anggota mengerti dan memahami tentang daerah operasi yang akan dihadapi. Tentang daerah sekitar pos yang akan dtempati kira-kira kerawanannya apa, kekurangan disana apa, masyarakat disana seperti apa, dan kira-kira dari kekurangan tersebut apa yang bisa dijadikan peluang bagi prajurit untuk berbuat disana.

Lebih lanjut disampaikan tentang program andalan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma, yaitu tentang air bersih, menyalurkan air dari sumber air ke pos Satgas, sarana penggalangan tentang cara memasak dengan menggunakan kompor bahan bakar pertalite. Hal itu diharapkan benar-benar bermanfaat bagi prajurit dan lebih baik bisa ditularkan ke masyarakat daerah penugasan.

“Para prajurit, dalam melaksanakan tugas ini, saya mengingatkan bahwa TNI-AD sudah mengupayakan hal yang terbaik. Dan saya akui bahwa saat ini untuk indek operasi yang diberikan memang sudah lebih baik daripada jaman dahulu,”  imbuhnya.

“Oleh karena itu ada tuntutan yang kita harapkan bisa dilaksanakan oleh Satgas yang melaksanakan operasi, salah satunya adalah kalian bisa nol pelanggaran. Ada beberapa satuan yang melaksanakan tugas tetapi akibat dari kelalaian dari pada personel di pos akhirnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya mencoreng nama baik satuan dan TNI-AD. Jangan mudah terpengaruh mengikuti ajakan-ajakan masyarakat yang mengarah kepada hal-hal yang bersifat negatif yang akhirnya dapat merugikan kalian sendiri,” tegasnya.

“Apabila ada anggota yang sakit dan tidak bisa diatasi, untuk Danpos harus jeli, apabila rawan harus segera dievakuasi untuk menghidari kerugian personel. Anggota harus mempunya visi dan misi yang sama untuk keberhasilan tugas. Apa yang kalian perbuat lengkapi dengan dokumentasi, administrasi dan laporkan ke Komando atas," pungkasnya. (*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com