Selamat Datang!

Idza: "Ayo Kembangkan Potensi Peternakan Brebes"

BREBES (ranahpesisir.com)- Bulan Bakti Peternakan menjadi momentum bagi insan peternakan dan kesehatan hewan dalam mensukseskan program swasembada pangan, memberdayakan potensi pakan ternak lokal dalam upaya peningkatan kesejahteraan peternak dan potensi peternakan yang dimiliki Kabupaten Brebes.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH usai menyerahkan bantuan ternak pada Bulan Bakti Peternakan di Lapangan Pondok Pesantren Al Ikhlas Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan, Kamis (24/9).

"Sangat bagus, bulan bakti diisi dengan pemberian bantuan kepada peternak dan pelayanan kesehatan bagi hewan," ucap Idza.

Wujud dari itu, Idza menyerahkan secara simbolis bantuan ternak itik 200 ekor umur 2 bulan kepada 20 orang peternak, 6.000 butir telur ayam, pengobatan masal bagi ternak, vaksinasi rabies dan pemberian masker kepada para peternak sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

"Bantuan dan pelayanan kesehatan hewan menjadi komitmen pemerintah daerah untuk pengembangan usaha peternakan di Kabupaten Brebes," terang Idza.

Idza berharap, moment Bulan Bakti Peternakan juga dapat meningkatkan kerja sama antara masyarakat peternak dan pemerintah, sehingga dapat menghasilkan produksi hewan ternak yang unggul dan berkualitas.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto melaporkan, kegiatan Bulan Bakti Peternakan sudah dimulai sejak 28 Agustus dan puncaknya hari ini Rabu 24 September.

"Diawali di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari berupa kegiatan pengobatan masal ternak kambing sebanyak 386 ekor, dan vaksinasi hewan diantaranya anjing 3 ekor, kucing 4 ekor, serta bantuan telur ayam sebanyak 360 butir," paparnya.

Lanjut drh Ismu, pada 3 September di Desa Pamulian Kecamatan Larangan berupa kegiatan pengobatan masal ternak kerbau sebanyak 294 ekor, pembagian masker dan bantuan 640 telur ayam. 12 September di Desa Laren Kecamatan Bumiayu berupa pengobatan masal ternak kambing sebanyak 218 ekor, vaksinasi rabies pada kucing sebanyak 7 ekor, serta bantuan telur ayam 300 butir.

"Selanjutnya 16 September di Desa Tegalglagah Kecamatan Bulakamba berupa pengobatan masal ternak kambing sebanyak 105 ekor," pungkasnya.

Sumber pendanaan kegiatan, tutur drh Ismu, selain dari APBD Kabupaten Brebes juga berasal dari pihak swasta yaitu kerja sama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan PT Charoen Pokhpand Brebes dan PT New Hope Brebes.

"Dengan budaya kerja kami yaitu Sehati, Amanah, Kemandirian, Terintegrasi dan Inovatif (SAKTI). Semoga dapat menjalin kerja sama yang baik antara Pemda, masyarakat dan pihak swasta guna pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Brebes," harapnya.

Turut hadir Asisten III Sekda Brebes, SKPD, camat dan Forkopinca Paguyangan serta perwakilan peternak penerima bantuan. (BA/was)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com