Selamat Datang!

Jalan Tembus ke Kampungnya, Warga Kedung Kandri Ucapkan Terima Kasih Ke Bupati Brebes dan TNI

Brebes (ranahpesisir.com)- Itulah yang disampaikan warga Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melalui Tarbiyah (35), salah satu warga setempat, kepada media di ujung jalan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di dusunnya itu. Selasa (22/9/2020).

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, TNI, Kepala Desa, karena telah diberikan jalan baru melalui TMMD,” ucapnya mengapresiasi setelah excavator Kodim Brebes  yang dioperasikan Serma Tarsono menembus ujung dusunnya.

Menurutnya jalan baru sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter hasil TMMD Reguler itu, akan membuat ke Balai Desa Kalinusu, akan menjadi dekat hanya 10 menit, dan ke Kota Bumiayu hanya 10 kilometer kurang lebih 26 menit kendaraan bermotor.

Tarbiyah juga menceritakan kondisi sebelumnya, yaitu mulai dari harus naik rakit menyebrangi Kali Pemali, jika akan keluar dari dusunnya untuk menuju ke pasar, puskesmas dan sekolah terdekat, yaitu di Desa/Kecamatan Bantarkawung.

Untuk ongkos naik perahu adalah seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor.

“Jika Kali Pemali banjir, kami tidak bisa kemana-mana, anak sekolah juga,” tandasnya.

Tak hanya itu, jika hendak mendapatkan pelayanan Adminduk di Balai Desa Kalinusu, setelah menyeberang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer dalam waktu 45 lebih menit, melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya tiba di kantor desa.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), menyatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan pekerjaan lanjutan terhadap jalan TMMD itu, yakni meningkatkannya dengan pengecoran melalui dana desa di tahun 2021.

Pasalnya, jalan baru hasil TMMD itu sebelumnya adalah tanah persawahan dan ladang hibah dari warga untuk pelebaran dan pembukaan jalan. (Aan)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com