Selamat Datang!

Dewi Aryani : Remaja Berkualitas Fondasi Kemajuan Bangsa

 

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr Hj Dewi Aryani MSi kembali gelar sosialisasi bersama BKKBN dihadapan pemuda pemudi Kabupaten Tegal di Rumah Aspirasi di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi/foto: istimewa

SLAWI (ranahpesisir.com)- Dalam masa reses kali ini Dr Hj Dewi Aryani MSi anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI kembali melaksanakan sosialisasi bersama BKKBN pusat, provinsi dan kabupaten di hadapan puluhan pemuda pemudi di Kabupaten Tegal.


Kegiatan berlangsung hangat dan cair di Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.


"Perjuangan bonus demografi akan berhasil membawa Indonesia pada kemajuan apabila  memenuhi prasyarat yang diperlukan. Yaitu, remaja yang sehat dan berkualitas, sehingga pada saatnya remaja mampu berkontribusi sebagai generasi yang produktif," jelas DeAr, sapaan akrabnya.


Namun, lanjutnya, untuk memanfaatkan bonus demografi terdapat sejumlah tantangan dari berbagai aspek. Mulai dari pendidikan masyarakat, tingkat kesehatan, dan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja yang masih rendah. 


“BKKBN sebagai salah satu instansi yang berpartisipasi aktif dalam pembinaan remaja harus secara serius berupaya memaksimalkan bonus demografi dengan cara mengembangkan kualitas pribadi remaja," tegas DeAr.



DeAr menyebut, remaja berkualitas akan menjadi fondasi kekuatan dan kemajuan bangsa ke depan.


"Ada 5 transisi remaja yang harus kita tampung yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, dan mempraktekkan hidup sehat," ungkap DeAr.


DeAr juga menekankan bahwa program BKKBN harus dikembangkan sesuai kondisi terkini dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir, kerja, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.


DeAr menambahkan bahwa BKKBN bersama semua elemen masyarakat sudah semestinya bahu membahu menyiapkan pribadi para remaja yang matang dalam membangun keluarga yang harmonis, memantapkan perencanaan dalam menata kehidupan untuk keharmonisan keluarga, melalui Pendewasaan Usia Perkawian (PUP), 21 tahun minimal bagi wanita dan 25 tahun bagi pria.


"Peran orang tua juga penting dalam turut mengawasi dan mengarahkan anak-anak usia remaja untuk berhati-hati juga dalam pergaulan,"/pungkas DeAr (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com