Selamat Datang!

Tips Menata Tanaman Hias di Rumah

 Ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal saat menata tanaman hias, seperti tekstur, ukuran hingga warna tanaman demi mendapatkan kombinasi yang elok./foto: (iStockphoto/Vera Fedorova)
JAKARTA (ranahpesisir.com)- Janda bolong atau keluarga Monstera lainnya kini tengah populer menemani hobi sebagian orang merawat tanaman hias di rumah. Tanaman hias ini mesti ditata dengan tepat agar keindahannya terpancar dan kian memperelok rumah.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan ketika memadupadankan tanaman hias, misalnya soal jenis tanaman, warna, hingga ketinggian dan ukuran tanaman hias. tips yang bisa Anda ikuti untuk menata tanaman hias di rumah.

Berikut tips cara menata tanaman hias di rumah.

1. Tanaman besar di area terbuka

Letakkan tanaman yang berukuran besar di ruang yang besar dan terbuka, misalnya memiliki jendela yang besar. Jangan letakkan tanaman besar di ruang yang tertutup dan kecil karena akan membuat ruangan tampak semakin sempit.

Sebaliknya, tanaman yang kecil cocok diletakkan di tempat yang kecil seperti di kamar tidur atau kamar mandi.

2. Atur warna


Pertimbangkan komposisi warna antara tanaman hias dengan cat dinding atau interior rumah./foto: (iStockphoto/Vera Fedorova)
Saat menata tanaman hias atur komposisi warna dengan baik. Pilih warna daun atau bunga yang cocok dengan cat dinding atau desain interior rumah. Jangan takut menggunakan warna-warna yang kontras karena akan membuat rumah tampak cerah dan berani.

3. Kelompokan berdasarkan dedaunan

Tata pula tanaman hias berdasarkan bentuk dedaunan. Baik berdasarkan warna, ukuran, dan tekstur.

Mengelompokkan dedaunan yang serupa akan memberikan efek dramatis. Jika ditempatkan pada kelompok daun yang berbeda, seringkali kehilangan keeksotisannya.

4. Atur berdasarkan ketinggian

Tanaman juga bisa diletakkan berdasarkan ketinggian pohon. Tanaman yang tinggi ditempatkan di bagian paling belakang, lalu isi bagian depan dengan tanaman yang lebih pendek. Manfaatkan meja, dudukan, kusen jendela, atau furnitur lain agar ketinggian semakin bervariasi.

5. Letakkan di sudut atau pusat ruangan

Letakkan pula tanaman di sudut ruangan agar semakin mempercantik ruangan. Anda juga bisa menempatkan satu tanaman di bagian tengah untuk menjadikannya sebagai titik fokus.

Selain itu, pastikan pula tata letak tanaman tidak mengganggu aktivitas Anda di rumah.

(ptj/NMA)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com