Selamat Datang!

Polda Jateng Lakukan Pemeriksaan Peralatan Antisipasi Bencana

 

Tim Supervisi Dirsamapta Polda Jateng lakukan pengecekan sejumlah peralatan guna mendukung antisipasi penanganan bencana di sejumlah titik rawan di Kabupaten Batang/foto: istimewa

BATANG (ranahpesisir.com)- Tim Supervisi Dirsamapta Polda Jawa Tengah melakukan pengecekan sejumlah peralatan yang mendukung antisipasi maupun penanganan bencana di sejumlah titik rawan Kabupaten Batang. Untuk memastikan kesiapsiagaan antisipasi bencana, Ditsamapta Polda Jateng telah melakukan pengecekan peralatan agar difungsikan secara maksimal, di Halaman Polres Batang, Rabu (11/11/2020).


Kabag Binopsnal Dirsamapta Polda Jateng AKBP Didik Priyo Sambodo menyampaikan, jajarannya melakukan supervisi terhadap peralatan apa saja yang disiapkan Polres Batang, untuk menangani apabila terjadi banjir di pantura Batang.


“Terkait banjir sudah kita lakukan apel kesiapsiagaan dan dilakukan pemeriksaan baik dari perahunya maupun pelampungnya. Kami juga telah melakukan simulasi apabila ada orang tenggelam dan terjadi tanah longsor,” bebernya.


Berdasarkan hasil pemeriksaan, peralatan masih tergolong cukup memadai, karena saat terjun ke lapangan, Polres Batang akan dibantu oleh instansi lain seperti BPBD.


“Kita saling mengisi dan melengkapi dengan menyiapkan sejumlah posko sebagai tempat logistik maupun pengungsian,” tegasnya.


AKBP Didik mengimbau, seluruh anggota tetap menjaga kesehatan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Selalu terapkan jaga jarak aman, memakai masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.


Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kesiapan dari anggota Polres Batang dalam rangka mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.


“Dalam persiapan menghadapi Pilkada Serentak 2020 yang diikuti 21 Kabupaten/Kota meliputi kesiapan sarana. Kita gunakan sistem rayonisasi untuk pelaksanaan pengamanan,” terangnya.


Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka menambahkan, pihak Polres Batang saat ini lebih mengoptimalkan peralatan yang telah ada terlebih dahulu untuk menangani apabila terjadi bencana baik banjir maupun tanah longsor di wilayah tugas Polres Batang.


“Peralatan selalu kita rawat, jadi suatu saat terjadi bencana siap digunakan,” tegasnya.


Kapolres menerangkan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana pihaknya dengan seluruh elemen dari TNI/Polri, Pemda, Basarnas, telah menggelar apel bersama sebagai bentuk kesiapan penanganan bencana.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com