Selamat Datang!

Satgas Yonif 407/PK Kembali Gagalkan Penyelundupan Miras dan Rokok Ilegal

Satgas Pamtas RI-MalaysiabBatalyon Infanteri 407/Padmakusuma berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal berupa 72 botol miras merek brendy dan 80 slop rokok merek m2/foto: istimewa

 SINTANG KALBAR (ranahpesisir.com)-  Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal berupa 72 botol miras merek brendy dan 80 slop rokok merek m2.


Rokok dan miras tersebut berasal dari Malaysia dan hendak diselundupkan ke Indonesia melalui jalur tikus di Desa Jasa Kecamatan Senaning, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.


Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan di Pos Kotis, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu melalui rilis tertulisnya, Senin (16/11/2020).


Dijelaskannya, upaya penyelundupan berhasil digagalkan oleh Satgas Pamtas bermula saat sertu fadli selaku Danpos Kampung Jasa mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa akan ada masyarakat yang memasukkan barang membawa barang dari malaysia ke indonesia melalui jalur tikus Desa Jasa.


Menindak lanjuti informasi tersebut.  Danpos Kampung Jasa memerintahkan 5 orang anggota pos yang dipimpin Kopda Wahyu untuk melaksanakan pengintaian, dan didapati 2 orang yang membawa barang mencurigakan melalui jalur tikus Dusun Waksepan. 


Anggota Pos Kampung Jasa yang sudah lama mengintai, berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti berupa 72 botol miras merek brendy dan 80 slop rokok merek m2 dari tangan pelaku.



Diketahui bahwa pelaku pemilik barang tersebut berinisial AJ (55) dan TJ (56) sebagai pemikul barang, dimana keduanya merupakan warga Desa Sungai Pisau.


Diduga barang-barang tersebut akan diselundupkan ke wilayah Indonesia untuk diperjualbelikan kembali di daerah sekitar Kecamatan Senaning.


Menyikapi kejadian tersebut, Dansatgas Pamtas menyampaikan, pihaknya akan mengintensifkan pengawasan dan pemeriksaan lintas batas terutama di jalur-jalur tikus yang sering digunakan masyarakat melintas batas negara.


Selain itu, Yonif 407/PK juga akan mempertebal kekuatan personel di jalur tikus yang memiliki frekuensi perlintasan orang cukup tinggi.


"Pengamanan tetap kita intensifkan dengan meningkatkan kegiatan Patroli, Kita juga menggandeng instansi terkait di perbatasan untuk terus mengedukasi masyarakat supaya membawa barang dengan prosedur resmi di jalur yang sudah disiapkan pemerintah," katanya.


Sementara itu, untuk barang bukti telah diamankan di Pos Kampung Jasa menunggu perintah komando atas untuk diserahkan ke instansi yang berwenang untuk dilakukan penyelidikan dan proses lebih lanjut.

(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com