Selamat Datang!

Tahun 2021, Danau Rawapening Akan Direvitalisasi

 

BERSIHKAN GULMA- Danau Rawapening dibersihkan dari gulma, rencananya tahun 2021 akan di revitalisasi/foto: istimewa

SEMARANG (ranahpesisir.com)- Gulma air yang tumbuh subur di Danau Rawapening di Kabupaten Semarang dibersihkan. Proses pembersihan itu ditargetkan tuntas akhir tahun ini, dan 2021 akan dilakukan revitalisasi Danau Rawapening.


PPK OP Bendungan Rawapening BBWSO Pemali Juana, Fuad Kurniawan menuturkan bahwa berdasarkan kajian Danau Rawapening termasuk kritis dan perlu ditangani. Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan TNI melakukan pembersihan gulma air, yang dapat mengakibatkan pendangkalan danau.


"Kami bekerjasama dengan Kodam Diponegoro dalam pembersihan gulma air ini. Ditargetkan akhir 2020 pembersihan ini selesai," ujarnya, Senin (16/11/2020)


Untuk mencapai target itu, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 40 alat berat, seperti exvacator, truxor, dredger multifungsi, harvester berky dan lain sebagainya.


Menurutnya, gulma air yang tumbuh di Danau Rawapening bukan hanya jenis enceng gondok, tapi ada beberapa lainnya.


Upaya pembersihan gulma air, tidak lepas dari rencana revitalisasi Danau Rawapening, yang dilaksanakan mulai tahun depan.


Katanya, Rawapening memiliki beberapa manfaat atau fungsi, diantaranya penyedia air baku, pembangkit listrik tenaga air, pariwisata, irigasi, dan pengendali banjir.(*)

Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com