Selamat Datang!

Wakil Bupati Brebes: "Jadikan Pisang Komoditas Utama Losari"

 

Wakil Bupati Brebes Narjo saat panen pisang bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri Desa Kedungneng Kecamatan Losari, Kamis (12/11/2020)/foto: wasdiun

BREBES (ranahpesisir.com)- Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH turut senang dan bangga melihat keberhasilan Petani Pisang Kabupaten Brebes terutama yang ada di Desa Kedungneng Kecamatan Losari, Brebes. Sebab, mereka sudah mulai merasakan hasil kerja kerasnya dari budidaya pisang raja bulu sejak 2016. Awalnya, para petani mendaratkan bibit bantuan APBD Provinsi Jawa Tengah.


Wabup bahkan lebih senang mana kala mendapat laporan bahwa menanam pisang jauh lebih menguntungkan petani dibandingkan saat petani disitu hanya menanam padi ataupun jagung saja.

Oleh karena itu, dia mendukung adanya perluasan wilayah budidaya pisang agar manfaatnya bisa semakin dirasakan petani lainya.


"Jadikan pisang komoditas utama Losari, karena Pisang bernilai ekonomis tinggi dan banyak diminati masyarakat," kata Narjo saat panen pisang bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri Desa Kedungneng Kecamatan Losari, Kamis (12/11/2020).


Narjo mengatakan komoditas pisang di Kabupaten Brebes sangat cocok untuk dikembangan, khususnya di Kecamatan Losari.  Tercatat, total luasan lahan pisang yang ada di Kecamatan Losari sekitar 130 hektar, yang tersebar di Desa Kedungneng 90 hektar, Kalibuntu 15 hektar, Babakan 10 hektar, Bojongsari 3 hektar, dan sisanya tersebar di desa Randusari dan Rungkang dengan produktifitasnya sekitar 40 ton/hektar dengan populasi tanaman 2000 pohon/hektar sehingga potensi produksi pisang di kecamatan losari sebesar 5200 ton/tahun.


Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi melaporkan,  saat ini petani di wilayah Losari banyak yang telah beralih ke tanaman pisang dikarenakan pisang lebih menguntungkan.


Yuli mengatakan, dulu diwilayah Losari khususnya Desa Kedungneng ahan persawahan yang ada hanya ditanami padi dan palawija. Namun setelah merasakan nilai ekonomi yang tinggi dari budidaya pisang, mereka banyak yang beralih ke budidaya pisang. Bila menanam palawija dan padi rata rata/tahun hanya mendapat Rp 10 juta, namun dengan ditanami pisang mereka bisa mendapatkan keuntungan antara Rp 60 juta sampai Rp 70 juta/tahun.


Yuli berkeyakinan, pisang Losari bisa dijadikan komoditas ekspor sebagaimana diharapkan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti.


Untuk itu, pihaknya juga terus mendorong dan mendukung 0sra petani pisang untuk terus memperluas lahan yang ditanami pisang. Juga tengah berupaya agar pemerintah provinsi dan Kementerian Pertanian turut mewujudkannya.


Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi, Kasi Tanaman Buah Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Pudjo Purwanto, Camat, Kapolsek serta Danramil Losari, Kepala Desa Kedungneng dan seluruh anggota Gapoktan Mandiri Desa Kedungneng. (Yaser Arafat/Wasdiun)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com