Selamat Datang!

Aksi Cegah Stunting, Kabupaten Pekalongan Peringkat ke 2

Kabupaten Pekalongan mendapat penghargaan terkait kinerja aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting terintegrasi tingkat Jawa Tengah sebagai peringkat ke 2/foto: istimewa

 KAJEN (ranahpesisir.com)- Kabupaten Pekalongan untuk kesekian kalinya kembali menerima penghargaan, Selasa (15/12/2020).


Kabupaten Pekalongan  mendapat penghargaan terkait kinerja aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting terintegrasi tingkat Jawa Tengah, dan berada di peringkat ke-2 (dua).


Penghargaan secara simbolis ini diserahkan Pj Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dr  Prasetyo Aribowo SH M Soc Sc  kepada Wakil Bupati Pekalongan Ir Arini Harimurti, di ruang rapat lantai VI.A Bappeda Provinsi Jawa Tengah.


Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar yang hadir mendampingi Wakil Bupati dalam acara penyerahan penghargaan pelaksanaan 8 aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi kabupaten/kota tahun 2020 tersebut mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan pencapaian hasil kerja keras seluruh stakeholder OPD terkait serta masyarakat yang bersama sama bahu membahu dalam rangka menurunkan angka stunting di kabupaten Pekalongan.


Yulian menjelaskan angka stunting di kabupaten Pekalongan tahun 2016 di kisaran 32-33 %. Selanjutnya tahun 2019 sudah di level 21 %.


"Ini percepatan capaian yang cukup bagus dan kita mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi  terkait dengan capaian evalensi stunting," terangnya.


Menurutnya, hal ini memacu pihaknya untuk bekerja lebih baik dan lebih inovatif lagi dalam rangka menurunkan tingkat prevalensi stunting sesuai target dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, dimana tahun 2024 nanti diharapkan angkanya di level 14%.


Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 ini angka kemiskinan juga mengalami kenaikan.


Pada tahun 2019 lalu angka kemiskinan di kisaran 9,71 %, namun tahun 2020 ini mengalami kenaikan menjadi 10,19 %.


"Tentu saja ini menjadi PR bersama, antara pemerintah dan masyarakat di masa pandemi dengan segala keterbatasan, memang harus kita fokuskan  perencanaan pembangunan dalam upaya penurunan angka kemiskinan,” tegasnya.


Selain itu, pada hari ini juga dilakukan rapat koordinasi (rakor) TKPK Provinsi Jawa Tengah dimana wakil bupati Pekalongan Ir Arini Harimurti selaku Ketua TKPKD mengikuti kegiatan rakor TKPK yang dipimpin oleh Pj Sekda Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com