Selamat Datang!

Pekalongan Raih Penghargaan Nasional sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

 

Kota Santri raih penghargaan sebagai kabupaten sangat inovatif dari Kemendagri dan diserahkan langsung oleh Kepala Balitbang Kemendagri Fathoni yang mewakili Mendagri kepada Bupati Pekalongan yang diwakili Kepala Bappeda Julian Akbar pada acara Inovative Goverment Award di Hotel Sultan Jakarta/foto: istimewa

KAJEN (ranahpesisir.com)- Komitmen dan upaya Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang telah dijalankan selama ini, mendapat apresiasi dan pengakuan dari Pemerintah pusat.


Penghargaan kali berupa Piagam Penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif dari  Kementrian Dalam Negeri dan diserahkan langsung oleh Kepala Balitbang Kemendagri, DR Drs A Fathoni MSi yang mewakili Mendagri kepada Bupati Pekalongan yang diwakili Kepala Bappeda, M Julian Akbar S Sos MSi pada acara Inovative Goverment Award (IGA) di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/2020).


IGA merupakan upaya yang dilakukan Kementrian dalam negeri dalam upaya mendorong Pemerintah Propinsi dan kab/kota untuk senantiasa melaksanakan upaya besar dalam reformasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan lainya, yang semua bermuara kepada peningkatan Indeks Inovasi Global dan Daya Saing Indonesia.


Dalam sambutannya Kepala Balitbang Kemendagri menyampaikan bahwa Inovasi Goverment Awards ini merupakan momentum apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah melakukan upaya besar melalui inovasi dalam  mereformasi pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan.


Dalam penilaian dan pemberian penghargaan ini melibatkan 2 aspek, 7 variabel, dan 35 indikator indeks inovasi daerah serta melibatkan 15 dewan juri dari kementrian, lembaga, perguruan tinggi dan profesional lainnya.


Sementara itu, menurut Julian Akbar, keberhasilan Kabupaten Pekalongan  memperoleh penghargaan sebagai kabupaten sangat inovatif berkat kesungguhan dan terus menerus melakukan inovasi di semua sektor.


Terdapat 104 inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, seperti Lab Kemiskinan, E Kir, Kajen Satu Data dan sebagainya.


Lebih lanjut Akbar menyatakan bahwa salah satu "kunci" dari peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan adalah inovasi dan kreatifitas di semua sektor, baik pendidikan, kesehatan dan tata kelola pemerintahan lainnya.


Oleh karenanya, Bappeda selaku lembaga perencanaan dan litbang akan terus berupaya mendorong dan mensupport seluruh OPD untuk melakukan inovasi di sektornya masing- masing.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com