Selamat Datang!

Varietas Padi Sirampog Resmi Terdaftar di Kementan

 

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH/foto: istimewa

BREBES (ranahpesisir.com)-  Tidak hanya dikenal sebagai penghasil bawang merah, Kabupaten Brebes juga berhasil mengembangkan varietas padi yang berasal dari Kecamatan Sirampog.


Padi yang tumbuh di daerah pegunungan tersebut menghasilkan beras hitam, secara resmi telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Indonesia. Dengan diterbitkannya tanda daftar varietas tanaman pada 6 Mei 2020.


"Kami mendaftarkan varietas padi pada 21 April lalu. Setelah proses verifikasi, Kementerian Pertanian menerbitkan tanda resmi terdaftarnya varietas padi tersebut sebagai jenis padi penghasil beras hitam asli Sirampog," ucap Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Jumat (18/12/2020).


Idza mengaku bangga atas pengembangan varietas padi Sirampog. Terlebih beras hitam yang dihasilkan telah dipasarkan ke berbagai daerah, dan dapat diolah menjadi minuman kaya manfaat untuk kesehatan.


Idza berharap beras hitam tersebut bisa menjadi produk unggulan Kabupaten Brebes.


Di tempat berbeda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yuli Hendrawati mengatakan jenis padi ini tidak seperti padi biasa. Karena hanya bisa dipanen dalam waktu enam bulan.


"Padi ini tumbuh di lima desa di Kecamatan Sirampog, yaitu Desa Kaligiri, Sridadi, Mendala, Manggis dan Mlayang, dengan total luas lahan sekira 12 hektar," tuturnya.


Untuk produk beras hitam, kata Yuli, sudah dipasarkan oleh masyarakat setempat dengan harga Rp 25 ribu per 450 gram. Dari beras hitam itu, juga dapat diolah menjadi minuman kesehatan.


"Beras Hitam, mengandung anti oksidan tinggi, bila ingin diolah menjadi minuman, bisa dicampur dengan jahe dan serai, kita namakan Jahe Saritem. Mengkonsumsi minuman tersebut sangat dianjurkan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh," terangnya.


Hasil uji laboratorium, lanjut Yulia, beras hitam Sirampog mengandung beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan jenis beras lainnya.


Diantaranya, pertama, kandungan serat kasar (Dietary fiber) pada beras hitam terbukti yang paling tinggi dibandingkan dengan kandungan serat kasar pada jenis beras lainnya. Serat kasar sangat berpengaruh dalam pengaturan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes mellitus.


Kedua, kandungan Antosianin pada beras hitam jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras lainnya. Antosianin ini berguna sebagai anti oksidan yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dengan mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

Antosianin pada beras hitam terdiri dari Cyanidin-3-Glucoside (Cy-3-glu) dan Cyanidin. Jenis Antosianin ini ditemukan memiliki kemampuan anti oksidan kuat yang dapat melawan Reactive Oxygen Species (ROS) sejenis radikal bebas dan mengurai kerusakan sel yang terpapar oleh sinar UV (Kim et al, 2006).


Hasil penelitian Kim et al (2006) juga menunjukan bahwa beras hitam memiliki efek cardioprotektif. Antosianin juga dikatakan mempunyai sifat anti karsinogenik, memberi perlindungan kepada sistem kardiovaskular, menjaga kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita kencing manis, mencegah penyakit saluran kencing dan menghambat serangan bakteria Helicobacter pylori yang menyebabkan masalah lambung, kanker perut dan radang usus.


Selain aspek kesehatan, Antosianin digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini dengan membentuk kolagen baru, karena pada saat yang sama ia juga mampu meningkatkan efek vitamin C dan E untuk mengembalikan keremajaan kulit.


Manfaat Antosianin yang terkandung dalam beras hitam yaitu, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, menstabilkan kadar gula dalam darah, memperbaiki kelainan fungsi ginjal, menyerap kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. mencegah pengerasan pembulu nadi, mencegah anemia, kanker dan asam urat, merangsang pembentukan sel baru, memperbaiki sel hati, menghambat penuaan.

Ketiga, memiliki kandungan vitamin, mikro elemen dan asam amino yang bermanfaat bagi tubuh manusia.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com