Selamat Datang!

28.000 Sertipikat Hak Atas Tanah Tuntas Dibagikan

Bupati Tegal Umi Azizah secara simbolis serahkan sertpiikat tanah kepada 20 orang warga Desa Rembul Kecamatan Bojong /foto: istimewa

SLAWI (ranahpesisir.com)- 
Sebanyak 28.000 sertipikat hak atas tanah dari pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 tuntas dibagikan. Penyerahan simbolis sertipikat tanah kepada 20 orang warga Desa Rembul, Kecamatan Bojong dilakukan Bupati Tegal Umi Azizah beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal di Pendopo Amangkurat, Selasa (6/1/2021) siang.


Adapun jumlah keseluruhan sertipikat hak atas tanah yang dibagikan pada tahap akhir  PTSL 2020 ini ada 7.413 bidang.


Bupati saat memberikan sambutan mengapresiasi kinerja jajaran Kantor Pertanahan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tegal yang bisa melampaui targetnya, dari 25.000 bidang tanah, terealisasi 28.000 bidang tanah.


“Ini adalah capaian prestasi yang membanggakan, khususnya bagi jajaran Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Tegal karena mampu bekerja melebihi targetnya hingga 12 persen, terima kasih,” kata Umi pada acara penyerahan sertipikat tanah secara nasional oleh Presiden Republik Indonesia yang disiarkan secara virtual dari Istana Negara.


Umi mengatakan jika PTSL sebagai program strategis nasional bukan saja menjadi tanggung jawab Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional semata, melainkan semua pihak. Mulai dari pemerintah daerah hingga pemerintah desa, termasuk aparat penegak hukum guna mengamankan program ini dari berbagai tindak penyelewengan termasuk pungli.


Ia pun menitip pesan kepada warga penerima manfaat agar lebih bijak dalam memanfaatkan aset tanahnya.


"Simpan baik-baik sertipikat ini. Jikapun terpaksa harus diagunkan ke bank sebagai jaminan pinjaman uang, pastikan uangnya untuk keperluan produktif seperti modal usaha, bukan konsumtif,” ujarnya.


Selain di Kabupaten Tegal, penyerahan sertipikat tanah ini juga berlangsung di 273 kabupaten dan kota yang tersebar di 26 provinsi di Indonesia.


Lewat sambutan virtualnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN yang telah berusaha keras, bekerja siang dan malam demi menuntaskan program PTSL 2020.


“Terimakasih saya sampaikan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN yang telah berupaya semaksimal mungkin menuntaskan PTSL tahun 2020. Program pensertipikatan tanah ini merupakan komitmen Pemerintah untuk mempercepat pemenuhan hak kepemilikan tanah di masyarakat,” jelas Jokowi. (OI/*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com