Selamat Datang!

Awal Tahun 2021, Direktorat Kepelabuhan Berhasil Peroleh ISO 9001:2015

 

Direktorat Kepelabahuan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9000:2015 yang secara resmi diserahkan oleh Presiden Direktur PT Lloyd's Register Indonesia Irfani Fahmi kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (19/1/2021)/foto: istimewa

JAKARTA (ranahpesisir.com)-   Sebagai instansi yang melayani pelayanan publik seperti Kementerian Perhubungan, penerapan manajeman mutu menjadi penting. Mengawali tahun 2021 ini, salah satu unit kerja di Kemenhub yakni Direktorat Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9000:2015 yang secara resmi diserahkan oleh Presiden Direktur PT. Lloyd’s Register Indonesia Irfani Fahmi kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H Purnomo di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (19/1/2021). 


Menurut Dirjen Agus, perolehan Sertifikat ISO 9001:2015 ini adalah suatu awalan yang baik membuka tahun 2021. Keberhasilan ini diperoleh oleh Direktorat Kepelabuhanan setelah menjalani audit kinerja yang dilaksanakan oleh PT. Lloyd’s Register Indonesia yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan, manajemen mutu, kinerja dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan saat ini sudah berjalan dengan cukup baik.  


“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Direktorat Kepelabuhanan atas capaian ini dan berharap sistem yang ada terus ditingkatkan sesuai perkembangan agar lebih efektif dan efisien bagi pengguna jasa, termasuk dalam hal peningkatan digitalisasi pelayanan,” ujar Dirjen Agus.


Pihaknya berharap prestasi yang dicapai oleh Direktorat Kepelabuhanan ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh unit kerja lain di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, khususnya dalam hal manajemen mutu. 


“Dengan demikian, pekerjaan kita menjadi lebih tertata sehingga memudahkan kita untuk mengerjakannya. Selain itu, pelayanan yang kita lakukan kepada masyarakat juga dapat menjadi lebih akuntabel, transparan dan sistematis,” imbuhnya.


Sementara itu, Direktur Kepelabuhanan Subagiyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan sertifikasi ini. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Direktorat Kepelabuhanan sekaligus menunjukkan komitmen Direktorat Kepelabuhanan untuk selalu meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat dan pengguna jasa di bidang kepelabuhanan.


“Dengan memperoleh sertifkat ISO 9001:2015 ini berarti Direktorat Kepelabuhanan telah menjalankan pekerjaan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan. Namun ini juga menjadi tanggung jawab yang sangat besar bagi kami untuk memastikan pekerjaan tetap berjalan sesuai dengan SOP,” katanya. 


Pada kesempatan tersebut, Irfani Fahmi selaku Presiden Direktur PT. Lloyd’s Register Indonesia mengungkapkan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 diberikan kepada perusahaan yang telah konsisten memenuhi standar internasional sistem manajemen mutu. 


“Penghargaan sertifikasi ISO 9001:2015 yang diberikan pada hari ini dikukuhkan dengan adanya akreditasi dari UKAS (United Kingdom Accreditation Service) sehingga Direktorat Kepelabuhanan dituntut untuk secara terus menerus melaksanakan peningkatan terhadap pelaksanaan operasional, mutu pelayanan dan memastikan pencapaian kepuasan pelanggan,” jelasnya. 


Sebagai informasi, tedapat beberapa tahapan yang telah dilakukan dalam penilaian sistem manajemen mutu di Direktorat Kepelabuhanan, antara lain adalah pencanangan penerapan sistem manajemen mutu, pelatihan awareness sistem manajemen mutu, penyusunan prosedur, identifikasi risiko, penetapan sasaran mutu, internal audit, serta tinjauan manajemen dan eksternal audit. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com