Selamat Datang!

Cuaca Buruk, Empat Kapal Tongkang Terdampar di Pantai Kota Tegal

 

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkot Tegal melakukan monitoring di Pulo Kodok/foto: istimewa

TEGAL (ranahpesisir.com)- Tiga kapal tongkang terdampar di kawasan PAI. Sedangkan satu kapal di kawasan Pantai Pulo Kodok, Senin (18/1/2021) dini hari.


Mendapat informasi tersebut, Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Sekda Kota Tegal Johardi bersama sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkot Tegal melakukan monitoring. 


"Hari ini kita sidak ke Pulo Kodok, kemarin ada kapal tongkang akibat cuaca buruk, gelombang setinggi empat meter sehingga tongkang terbawa arus sampai ke pinggir pantai," ungkap Wali Kota Tegal  Dedy Yon.


Dedy Yon mengungkapkan, dampak kapal tongkang yang terdampar merusak fasilitas umum di Pantai Pulo Kodok. Antara lain kios, tempat swafoto, dan juga mengakibatkan pohon roboh. Dedy Yon berharap kapal tongkang tersebut segera ditarik dari bibir pantai. 


Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, kata Dedy Yon, harus segera membangun tanggul batu pemecah gelombang sehingga ketika ada gelombang tidak membahayakan orang atau wisatawan di pinggir pantai. 


Lalu, ketika ada kapal seperti ini (tongkang, red) apabila terjadi arus besar ini tidak terbawa di bibir pantai. Apabila sampai terbawa arus, paling parah sampai ke tanggul pemecah gelombang itu. 


"Kita bersama BPBD akan evaluasi. Kedepan ada pembangunan tanggul pemecah gelombang sehingga dampaknya lebih aman," ujar Dedy Yon. 


Disinggung antisipasi apabila terjadi bencana di Kota Bahari, kata Dedy Yon, pihaknya sudah melakukan simulasi bersama OPD terkait persiapan terjadi bilamana terjadi rob. Seperti, Dinsos harus siap apabila terjadi rob, nantinya apabila ada masyarakat terkena dampak disiapkan posko-posko yang dilengkapi dapur umum dan fasilitas kesehatan. 


"Beberapa titik seperti fasilitas umum, sekolah, terowongan yang biasanya tergenang banjir. Titik itu yang biasanya terjadi genangan air kita sudah antisipasi. Selain itu kita punya armada yang disiapkan untuk menyedot air apabila terjadi genangan sehingga bisa cepat kering," pungkas Dedy Yon.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com