Selamat Datang!

Kunjungi Kembang Desa, Cara Baru Mendapatkan Layanan Keadilan

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyambut baik inovasi yang di gulirkan PT Jawa dan berharap aplikasi Kembang Desa mampu mendekatkan layanan pengadilan dengan masyarakat pencari keadilan/foto: agus awaludin

BREBES (ranahpesisir.com)-
Untuk mendapatkan layanan keadilan, masyarakat Kabupaten Brebes tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Pengadilan Negeri (PN) Brebes. Nikmati saja kembang desa, sebuah aplikasi kemitraan membangun desa. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan keadilan via aplikasi tanpa harus datang ke kantor, apa lagi di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan jaga jarak. 


Demikian disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan SH MH saat Sosialisasi Kembang Desa atau Kemitraan Membangun Desa, di Pendopo Bupati Brebes, Selasa (26/1/2021) kemarin.


"Cukup klik https://kembangdesa.pt-semarang.go.id, ada 9 jenis layanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat," kata Tornado. 


Kesembilan layanan tersebut, diantaranya terdapat layanan baru yaitu layanan Petugas PTSP on Call sebuah layanan di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri seluruh wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Cukup menghubungi dengan cara kirim pesan whatsapp atau melakukan panggilan ke nomor layanan PTSP on Call di setiap pengadilan. 


Selanjutnya, Layanan Pendaftaran Perkara secara Elektronik, Pelayanan Surat Keterangan,Informasi Perkara (Websit dan Whastapp), Izin Besuk Tahanan di Pengadilan, Pos Bantuan Hukum, Izin Riset dan Permohonan Narasumber, Live Streaming Lobi Pengadilan dan Persidangan, serta layanan sumber informasi.


Tornado memaparkan, Kembang desa adalah  inovasi layanan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang terintegrasi dengan seluruh Pengadilan Negeri di bawahnya dalam berkomitmen meningkatkan layanan terhadap masyarakat. Layanan kembang desa berinisiatif untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di tingkat  

Layanan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. 


Layanan Kembang Desa bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, dan Universitas Diponegoro dalam mewujudkan layanan ini. Tidak ada yang sempurna, layanan Kembang Desa akan terus melalui tahapan evaluasi dan peningkatan layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menyambut baik inovasi yang di gulirkan PT Jawa Tengah. Idza berharap, aplikasi Kembang Desa mampu mendekatkan layanan pengadilan dengan masyarakat pencari keadilan. 


"Saya menyambut baik diluncurkannya aplikasi Kembang Desa, semoga makin bermanfaat ditengah Pandemi Covid-19," tuturnya. 


Kembang Desa juga mengambil inisiatif bahwa pelayanan terhadap masyarakat bisa dilakukan di Kantor Desa/Kelurahan dengan harapan masyarakat dapat menemukan layanan pengadilan tidak perlu jauh- jauh datang ke pengadilan, namun cukup datang ke Kantor Desa/Kelurahan untuk mendapatkan pelayanan di pengadilan.


Bupati berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan Kembang Desa atau Kemitraan Membangun desa dengan baik.


Turut hadir pada sosialisasi Kembang Desa, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH jajaran Forkopimda, Anggota DPRD, Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes, Forkopimcam dan Tokoh Masyarakat. (AW/was/*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com