Selamat Datang!

Bupati Tegal Resmikan Pengoperasian Rumah Produksi Difabel Kreatif

Bupati Tegal Umi Azizah resmikan pengoperasian Rumah Produksi Difabel Kreatif di Adiwerna Kabupaten Tegal/foto: istimewa 

SLAWI (ranahpesisir.com)-
Usaha tanpa kenal lelah dari penyandang disabilitas yang tergabung dalam komunitas Difabel Slawi Mandiri (DSM) telah membuahkan hasil. Rumah produksi difabel kreatif di Adiwerna yang berdiri di atas lahan milik Kementerian Keuangan RI seluas 875 meter persegi ini diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Tegal Umi Azizah, Jum’at (26/02/2021) pagi.

Umi pun mengapresasi kerja keras DSM dalam membangun komunikasi dan kerjasamanya dengan banyak pihak, mulai dari pemerintah daerah, Forkopimda hingga sektor swasta. Hal tersebut, lanjut Umi, tidak terlepas dari dorongan  motivasi yang kuat dan tulus dari DSM dalam membantu sesama.

Umi berharap, keberadaan rumah produksi ini dapat dikelola dengan baik. Mampu memotivasi kegiatan usaha, mengubah pola pikir, meningkatkan kepercayaan diri penyandang disabilitas untuk memulai dan mengembangkan usahanya sampai benar-benar berhasil menjual dan memasarkan produknya.

Sementara pihaknya bersama kalangan pelaku usaha akan berupaya memfasilitasi pendampingan, memampukan penyandang disabilitas menangkap peluang bisnis dan potensi usaha.

“Pemberdayaan ekonomi di era persaingan terbuka dan pasar bebas ini tentunya tidak berhenti sebatas pelatihan, tapi juga mentoring dan pendampingan intensif dari dinas teknis, dari korporasi peduli hingga usahanya benar-benar bisa bersaing dan berkembang,” katanya.

Lebih lanjut Umi menekankan, indikasi kemandirian dan keberlanjutan sangat ditentukan konektifitas yang terbangun baik antara produk ataupun layanan rumah produksi ini dengan pasar, dengan konsumen, termasuk aksesnya pada layanan perbankan digital.

“Untuk itu, saya minta khususnya kepada Dinas DagkopUKM memfasilitasi kawan-kawan penyandang disabilitas agar bisa mengakses, memanfaatkan peluang ekosistem digital seperti menghadirkan toko daring yang efisien dan terintegrasi di platform marketplace, lengkap dengan layanan pesan antarnya, hingga transaksi pembayaran digital yang memudahkan konsumen untuk mengakses produk ataupun layanan rumah produksi difabel kreatif ini,” pintanya.

Tampak hadir pada peresmian tersebut, Kasdim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi Sarjono, Kabagren Polres Tegal AKP Dwija dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati.

Nurhayati mengatakan, renovasi gedung rumah produksi difabel kreatif ini menggunakan dana corporate social responsibility dari PT. Merdeka Bahari Indonesia, CV Insan Media, Paguyuban Agen Elektronik Perbankan (Paelink) Kabupaten Tegal dan Bank Jateng.

“Untuk bangunan gedung sudah layak pakai, meskipun dari sisi kelengkapan peralatan produksi belum terisi semua. Mudah-mudahan, bertahap, alat-alat produksinya bisa tercukupi. Melalui DSM maupun forum tanggung jawab sosial perusahaan, silahkan bagi siapa saja yang ingin berdonasi kita terima, baik itu dari lembaga keswadayaan masyarakat ataupun korporasi,” pungkasnya. (HR)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com