Selamat Datang!

Dekranas Siap Angkat Batik dan Goyor Khas Tegal di Event Nasional

Rapat pengurus inti Dekranas Kota Tegal yang dipimpin Roro Kusnabilla Erfa di UMKM Centre Komplek Ki Gede Sebayu menyepakati keikutsertaan Dekranas dalam event Indonesia Hijab Walk/foto: istimewa

TEGAL (ranahpesisir.com)-
  Rapat Pengurus inti Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tegal Jumat siang (5/2/2021) menyepakati keikutsertaan Dekranas dalam event Indonesia Hijab Walk (IWH).


Rapat yang digelar di UMKM Center Jl.Ki Gede Sebayu No.6 Komplek Balaikota Tegal ini dipimpin langsung oleh Ketua Dekranas Roro Kusnabilla Erfa, dihadiri Wakil Ketua Dyah Probondari, Ketua Harian Heru Setyawan, dan perwakilan Ketua-ketua Bidang.


Keikutsertaan Dekranas Kota Tegal dalam event IHW bekerjasama dengan Ratna Murti Dewi, Fashion Designer Kota Bandung yang asli Tegal, dengan mengusung brand Bellahasura.


Karya desain Bellahasura mengutamakan bahan tradisional untuk fesyen moslem maupun patchwork dengan mengkombinasikan potongan kain berbagai motif.


IHW yang diadakan di Convention Center Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, pada tanggal 13-14 Maret 2021, oleh Bellahasura akan dijadikan ajang untuk mengangkat kain tenun goyor dan batik khas  Tegal ke pentas nasional.


Batik tidak hanya untuk kain atau baju biasa, dan goyor tidak hanya untuk sarung, tetapi bisa didesain menjadi busana adikarya.


"Saya concern pada tanah kelahiran saya, sudah saatnya mengangkat batik dan goyor naik kelas,” ujar Ratna Murti saat dihubungi per telpon.


‘’Kami mendukung penuh untuk event kali ini, karena selama ini batik yang dikenal oleh masyarakat luas hanya batik dari Pekalongan atau Solo, padahal Tegal juga punya batik khas yang tidak kalah kualitasnya dibanding batik daerah lain,” tutur Bella.


Melalui event ini Bella berharap seluruh bidang yang ada di kepengurusan Dekranas Kota Tegal dapat bersinergi untuk meningkatkan nilai batik di kancah nasional maupun internasional.


Perwakilan beberapa Bank di Kota Tegal yang turut hadir dalam rapat tersebut menegaskan bahwa mereka siap untuk mendukung penuh event tersebut termasuk dalam hal pendanaan.


"Saya sangat mengapresiasi upaya agar batik dan goyor Tegal semakin meningkat kualitasnya, dan sangat mendukung kerjasama dengan Bellahasura, karena Bank Indonesia tentu menginginkan batik dan goyor Tegal naik kelas melalui acara fashion show,” ungkap Dodi Nugraha dari Bank Indonesia Perwakilan Tegal.


Ratna Riyanti, Pemimpin Bidang Pemasaran Bank Jateng Cabang Tegal, menyampaikan secara prinsip sangat mendukung event ini, dan untuk teknisnya akan dilaporkan kepada Pimpinan Cabang Bambang Ristianto.


Heru Setyawan selaku Ketua Harian Dekranas yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal mengharapkan dinas terkait bisa mendukung keikutsertaan Dekranas dalam mempromosikan produk kerajinan unggulan batik dan goyor melalui fashion show di Indonesia Hijab Walk.


"Langkah awal ini wajib didukung oleh dinas terkait dan instansi lainnya sesuai peran masing-masing dalam kepengurusan Dekranas, mulai dari persiapan hingga gelaran event nantinya,” harap Heru.


Dyah Probondari menambahkan bahwa keikutsertaan Dekranas dalam event IHW ini tidak semata memberikan manfaat kepada para perajin batik dan goyor, karena ke depan diharapkan banyak orang yang tertarik datang ke Tegal untuk membeli langsung karya para perajin, tentunya akan menghidupkan perekonomian Kota Tegal, baik hotel maupun kuliner.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com