Selamat Datang!

Idza: "Tanpa Peran Pers, Informasi Pembangunan Tidak Sampai ke Masyarakat

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melakukan temu muka dengan wartawan liputan Kabupaten Brebes dalam rangka tasyakuran HPN ke'75 tahun 2021 di Desa Kaligangsa Kulon/foto: istimewa 

BREBES (ranahpesisir.com)- 
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menaruh harapan besar kepada Pers untuk mewujudkan suksesnya pembangunan nasional. Sebab, tanpa peran pers, informasi pembangunan tidak akan sampai kepada masyarakat. Pers juga memiliki fungsi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan sehingga berjalan sesuai dengan koridor yang ditetapkan.

“Tanpa kalian semua, informasi pembangunan tidak akan sampai kepada masyarakat,” ucap Bupati saat temu muka dengan wartawan liputan Kabupaten Brebes dalam rangka tasyakuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75 di Desa Kaligangsa Kulon, Selasa (9/2).

Dinamika pembangunan apapun, lanjutnya, tanpa diberitakan oleh insan pers maka hanya sekadar pembangunan yang tidak memiliki ruh semangat kebangsaan. Untuk itu, perlu sinergi yang kuat antara Pers dan Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Brebes.

Kata Idza, selama ini jalinan kemitraan antara Pemkab Brebes dengan Pers telah terbangun dengan baik. Untuk itu, perlu dilanjutkan dan dikembangkan dengan tetap mengindahkan Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. 

Mantan Wartawan Senior Wahidin Soedja mengaku gembira di masa Pandemi, Pers telah berkontribusi nyata turut menyebarkan informasi positif tentang Covid-19. Sehingga informasi hoaks bisa ditangkal dengan pemberitaan yang disuguhkan oleh insan pers dengan data dan fakta yang valid.

Menurut Weha, demikian sapaan akrabnya, wartawan era digital makin dipermudah karena dibantu kemajuan teknologi informasi. Namun tantangannya juga makin tidak ringan karena  masyarakat juga menjadi netizen journalisme dan merebaknya hoaks melalui media sosial. 

“Jaman saya awal-awal wartawan, untuk mengirim sebuah gambar ke Semarang saja harus melalui proses cetak foto dulu, kemudian dikirim lewat pos atau dititipkan ke masinis,” ungkap Weha yang juga mantan Wartawan Suara Merdeka.

Peringatan HPN dan HUT PWI 2021 Kabupaten Brebes digelar secara sederhana yang digawangi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes. Sebagai tanda syukur, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti memotong kue tar dan diserahkan kepada Ketua PWI Brebes Eko Saputro dan mantan Wartawan Wahidin Soedja.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Suami Bupati AKBP Drs Warsidin MH, Asisten I Sekda Apriyanto Sudarmoko, Asisten II Tetty Yulianti dan Asisten III Sugihyarti dan Kepala Dinkominfotik Brebes Tatag Koes Adianto. (was/*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com