Selamat Datang!

PMI Pasok Air Bersih ke Perumahan Kalipucang Makmur Brebes

Petugas PMI Cabang Brebes bagikan air bersih di lingkungan Perumahan Kalipucang Makmur, Selasa (16/2/2021)/foto: istimewa 

BREBES (ranahpesisir.com)-
Warga Perumahan Kalipucang Makmur Desa Kalipucang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes bisa sedikit lega. Pasalnya, PMI Cabang Brebes mengirimkan bantuan air bersih 1 truck tangki atau sekitar 5 ribu liter untuk membantu masyarakat setempat yang terimbas matinya aliran PDAM.


Pasokan air bersih untuk minum dan memasak itu dibagikan kepada sekitar 70 kepala keluarga yang menghuni perumahan tersebut.

Tutut, warga setempat selaku inisiator mengungkapkan, bantuan air bersih yang dibagikan gratis merupakan bentuk kepedulian PMI Cabang Brebes kepada masyarakat yang terdampak dari kerusakan pipa transmisi milik PDAB Unit Bregas.


"Truck tangki PMI memasok kebutuhan air bersih untuk warga di dua wilayah di Perumahan Kalipucang Makmur, yakni RT 01 dan RT 02 yang tertib mengantri pembagian air bersih melalui ember-ember yang sudah disiapkan," terang Tutut, yang juga Relawan PMI Brebes, Selasa (16/2/2021).

Bantuan air bersih umtuk warga yang membutuhkan kali ini adalah yang kedua dilakukan PMI Cabang Brebes.


"Sehari sebelumnya, PMI Cabang Brebes juga mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah Kota baru Brebes," kata Tutut saat mengawal langsung pendistribusian air bersih untuk warga RT 02.

Rojak selaku RW mengisahkan, akibat rusaknya jaringan pipa transmisi PDAB Unit Bregas selaku pemasok air, warga perumahan sempat kelimpungan. Beruntung tidak sedikit warga yang memiliki sumur bor, sehingga bisa dimanfaatkan dan berbagi dengan warga lainnya untuk kebutuhan mandi dan mencuci.


"Namun untuk konsumsi air minum sudah banyak warga yang akhirnya membeli air bersih, baik isi ulang maupun beli air kemasan," ungkap Rojak.

Selaku tokoh masyarakat setempat, Rojak bersama Niko Priyanto mengapresiasi PMI Cabang Brebes yang membantu menyalurkan air bersih kepada warga Perumahan Kalipucang Makmur.

"Kami sampaikan terima kasih kepada PMI Cabang Brebes atas kepedulian dan bantuan air bersih kepada warga Perumahan Kalipucang Makmur," kata Rojak, didampingi Niko.


Perlu diketahui, bahwa kerusakan pipa transmisi kali ini cukup parah, karena 4 titik pipa transmisi di Desa Kalibakung Kabupaten Tegal rusak akibat tanah bergerak.

Bahkan yang di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes yang mata airnya berasal dari Tuk Suci, pipanya putus sepanjang 40 meter dan masuk ke jurang dengan kedalaman 100 meter karena terkena longsor.

Sampai sekarang jaringan pipa transmisi teraebut masih dalam penanganan perbaikan.(*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com