Selamat Datang!

RB Leipzig Vs Liverpool: Salah-Mane Bawa The Reds Menang 2-0

 

Liverpool menang 2-0 atas RB Leipzig/foto: AP/Laszlo Balogh

BUDAPEST (ranahpesisir.com)- Duel RB Leipzig vs Liverpool berlangsung di Puskas Arena, Hongaria, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB. Laga ini tak bisa dihelat di markas Leipzig imbas dari larangan keluar masuk Inggris dari pemerintah Jerman.

Tuan rumah sempat meredam Liverpool di babak pertama. Si Merah baru bisa mencetak gol selepas jeda.

Mereka membuka keunggulan lewat Mohamed Salah di menit ke-53 memanfaatkan kesalahan umpan Marcel Sabitzer. Lima menit berselang, lini belakang Die Rotten Bulen kembali membuat kesalahan.

Kali ini, kegagalan sapuan dari Dayot Upamecano yang bisa dioptimalkan Sadio Mane menjadi gol di menit ke-53. Liverpool menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Hasil ini membuat Liverpool hanya perlu tak kalah lebih dari dua gol di leg kedua untuk melaju ke perempat final. Laga leg kedua rencananya bakal digelar di Anfield pada 11 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Liverpool mendominasi penguasaan bola di awal laga. Namun, ancaman pertama di laga ini justru dihadirkan oleh Leipzig.

Pada menit ke-4, umpan silang Angelino dari sisi kiri menemui kepala Dani Olmo. Namun, sundulan pemain asal Spanyol ini dari dalam kotak penalti masih menerpa tiang gawang Alisson.

Anak asuhan Julian Nagelsmann mulai memainkan high pressing untuk membuat pemain Liverpool tak leluasa dalam membangun serangan. Dalam sebuah kesempatan di menit ke-14, The Reds bisa keluar dari pressing Leipzig.

Peluang langsung lahir untuk Liverpool. Umpan terobosan trent Alexander-Arnold bisa dijangkau oleh Mohamed Salah.

Peter Gulacsi sigap mengantisipasi situasi ini. Ia cepat keluar dari sarangnya untuk bisa meredam sepakan Salah.

Tiga menit berselang, Marcel Sabitzer mencoba peruntungannya lewat sepakan dari tepi kotak penalti. Tembakan kapten Leipzig ini masih terlalu lemah hingga bisa diamankan Alisson.

Andrew Robertson nyaris mencetak gol indah di menit ke-32. Gulacsi keluar dari sarangnya melakukan sapuan yang justru mengarah ke Robertson.

Dari tengah lapangan, Robertson langsung melepas sepakan melihat posisi Gulacsi yang jauh meninggalkan gawannya. Upaya Robertson ini belum berbuah gol karena bola melambung tipis dari gawang Leipzig.

Di menit ke-36, Liverpool sempat membobol gawang Leipzig lewat sundulan Roberto Firmino menyambut umpat Sadio Mane. Namun, gol ini dianulir karena bola lebih dulu keluar lapangan sebelum diumpan Mane.

Menjelang akhir babak pertama, Liverpool masih dominan dalam melancarkan serangan. Namun hingga turun minum, mereka belum juga bisa memecah kebuntuan.

Skor 0-0 menutup babak pertama.

Selepas jeda, Leipzig langsung menggebrak. Umpan terobosan Olmo dari tengah lapangan membebaskan Christopher Nkunku. Alisson menjadi pahlawan Liverpool setelah bisa mementahkan sepakan Nkunku.

Pada menit ke-52, kesalahan umpan Sabitzer harus dibayar mahal. Bola umpan backpass Sabitzer justru mengarah ke Salah.

Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang RB Leipzig/foto: Getty Images/Laszlo Szirtesi

Gol!!
Salah yang tinggal berhadapan dengan Gulacsi dengan tenang melepas tembakan mendatar untuk membobol gawang Leipzig. Liverpool unggul 1-0.

Pemain Leipzig kembali mengambil keputusan yang kurang tepat yang berakibat gawang mereka kebobolan. Kali ini Dayot Upamecano yang membuat kesalahan.

Mengantisipasi umpan panjang dari Curtis Jones, Upamecano berusaha melakukan sapuan tapi upayanya tak mengenai bola. Mane yang berada tepat di belakangnya langsung mengejar bola.

Gol!! Mane yang dapat menguasai bola lalu melepas tembakan yang menaklukkan Gulacsi. Liverpool unggul 2-0 di menit ke-58.

Sepakan Sadio Mane membawa Liverpool unggul 2-0 atas RB Leipzig/foto: AFP/FERENC ISZA

Tertinggal dua gol, Leipzig tak punya pilihan lain untuk tampil lebih menekan. Nagelsmann memasukkan Yussuf Poulsen dan Hwang Hee-Chan untuk menambah daya menyerang.

RB Leipzig bisa beberapa kali mengancam. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat peluang mereka terbuang begitu saja.

Pada menit ke-80, sepakan fist time Angelino di depan gawang masih melebar. Sementara, usaha Hwang Hee-Chan yang tinggal berhadapan dengan Alisson juga belum menemui sasaran.

Liverpool menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain:

RB Leipzig: Peter Gulacsi; Nordi Mukiele (Willi Orban 64'), Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Angelino; Marcel Sabitzer, Amadou Haidara (Yussuf Poulsen 64'), Kevin Kampl (Hwang Hee-Chan 73'); Christopher Nkunku, Daniel Olmo, Tyler Adams.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ozan Kabak, Jordan Henderson, Andy Robertson; Curtis Jones, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara (Alex Oxlade-Chamberlain 72'); Mohamed Salah (Neco Williams 90'), Roberto Firmino (Xherdan Shaqiri 72'), Sadio Mane.

(pur/raw)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com