Selamat Datang!

Taj Yasin : Tanggul Kali Babakan Brebes Belum Bisa Diperbaiki

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen didampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat peninjauan korban banjir Ketanggungan dan kondisi tanggul Babakan, Jumat (19/2/2021)/foto: suprapto

BREBES (ranahpesisir.com)-
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menjelaskan, tanggul Kali Babakan Brebes belum bisa diperbaiki karena tanahnya masih lembek. Sehingga diperlukan waktu hingga menunggu kering. 

"Untuk sekarang memang belum bisa ditangani. Sebab, tanah yang ada di sekitar sungai masih lembek, selain menunggu kering juga kita butuh tanah dari luar," ujar Taj Yasin saat peninjauan korban banjir Ketanggungan dan kondisi tanggul Kali Babakan, Jumat (19/2/2021). 


Taj Yasin mengungkapkan, perlu ada peninggian tanggul Kali Babakan agar tidak terjadi banjir karena limpasan. 

"Tadi saya sudah ngobrol sama ibu Bupati Brebes dan Dinas PSDA serta BPBD bahwa memang tanggul sungai ini sepanjang 500 meter ini perlu ditinggikan," ungkapnya usai meninjau lokasi banjir didampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti.


Orang nomor dua di Provinsi Jateng itu mengatakan, peninggian tanggul sungai disepanjang 500 meter itu sangat di perlukan. Pasalnya, jika debit air dari wilayah atas tinggi, otomatis air yang melintas di wilayah tersebut akan limpas dan menggenangi pemukiman warga.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menandaskan, pihaknya akan memperbaiki tanggul darurat. Dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung akan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki tanggul. 


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nushy Mansur juga menyampaikan, dua hari terakhir memang debit air Sungai Babakan sangat tinggi dan limpas ke pemukiman warga. Terakhir ada 11 desa yang terendam akibat limpasan Sungai Babakan.

"Namun, ada empat desa yang paling parah akibat banjir. Yakni, Desa Ketanggungan, Karangmalang, Dukuhturi dan Padakaton," ungkapnya.

Untuk kondisinya, lanjut Nushy, saat ini sudah mulai surut. Namun, sejumlah warga saat ini tengah membersihkan rumahnya yang tergenang lumpur akibat luapan Sungai Babakan.

"Hari ini, masyarakat masih melakukan pembersihan rumah-rumah mereka dari lumpur yang terbawa saat banjir kemarin malam," pungkasnya.

Taj Yasin dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir. Dibantu puluhan Santri Gayeng, Taj Yasin memberikan bantuan sembako dari rumah ke rumah warga yang terdampak banjir. 

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut, Taj Yasin didampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Asisten I Sekda, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD, Camat serta Kades setempat. (suprapto)


 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com