Selamat Datang!

Ziarah Hari Jadi Banyumas Digelar Jumat, Tanpa Kirab

Kirab budaya dalam rangka peringatan HUT Banyumas ke 450 tahun ini ditiadakan/foto: istimewa 

PURWOKERTO (ranahpesisir.com)-
Peringatan Hari Jadi ke 450 Kabupaten Banyumas terasa berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Kirab budaya “Rengos” Boyongan Saka Sipanji dan Prosesi Kirab Pusaka yang menjadi acara inti, kali ini ditiadakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan massa.

Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono dalam edarannya menyampaikan bahwa acara ini yang dilaksanakan yaitu ziarah, upacara dan sidang paripurna DPRD tentang Hari Jadi Banyumas.

“Ziarah ke makam bupati pendahulu akan dilaksanakan Jumat (19/02/2021) di empat tempat yaitu Makam Bupati Pertama di Makam Dawuhan Banyumas, Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto dimana ada makan 2 Bupati yaitu Bupati ke 16 Kol Inf Poejadi Djaring Bandayuda dan Bupati ke 27 Kol Inf R G Rudjito. Kemudian Makam Martadirejan Jl Veteran Purwokerto Barat ada makam Bupati Banyumas ke 17 yaitu KPA Martadireja III dan Makam Keboetoeh Sokaraja kulon untuk ziarah ke makam Bupati Banyumas ke yaitu R Adipati Brotodiningrat atau Marta Direja I,” kata  Didi Rudwianto Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Peserta ziarah juga dibatasi, selain yang di Makam R Joko Kahiman, peziarah dibatasi maksimal 20 orang.

“Saweran yang biasa dilakukan di Makam R Joko Kahiman juga ditiadakan, uang saweran rencana akan dititipkan kepala desa untuk dibagikan,” tambah Didi.

Untuk upacara peringatan hari jadi yang akan dilaksanakan Senin (22/02.2021), yang biasanya terpusat di Alun-alun Purwokerto, kali ini upacara akan diadakan hingga ditingkat kecamatan yang akan dipimpin oleh Camat masing-masing.

“Upacara untuk tingkat Kabupaten akan dipimpin oleh Bapak Bupati di Halaman Pendopo dengan peserta terbatas,” lanjutnya.

Sedangkan Sidang Paripurna akan dilaksanakan usai upacara di Gedung DPRD. Meski demikian Didi berharap masyarakat bisa ikut menyambut peringatan Hari Jadi Banyumas, dengan melakukan gerakan bersih lingkungan dan memasang umbul-umbul dan spanduk dilingkungan masing-masing.

Ada beberapa acara tambahan yang dilakukan secara virtual antara lain Flash Back Hari Jadi dilanjutkan Ngobrol Bareng Kupas Tuntas Lengger dan Gubrag Lesung, dan macapatan di Pendapa Yudhanegara Kecamatan Banyumas yang akan disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Dinkominfo Kabupaten Banyumas Kamis 18 Februari 2021 mulai Pukul 19.00 hingga selesai.

Kemudian Job Fair tanggal 23-24 Februari 2021, Lomba Foto Infrastruktur dan lomba lain yang digelar oleh DPU Kabupaten Banyumas. Juga ada pagelaran wayang kulit virtual yang akan digelar di Gedung Teater Indoor Taman Budaya Soetedja untuk waktu masih belum ditentukan.

“Semua dilakukan secara terbatas dan diminta semua penyelenggara bisa melakukan dan mematuhi protokol kesehatan,” pesan Didi. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com