Selamat Datang!

Kunjungan Kemenparekraf di Magelang, JOMAN Pemalang Dukung Program UMKM

JOMAN Pemalang dukung Program UMKM dan mendorong Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kemendes PDT/foto: yusmiladi

MAGELANG (ranahpesisir.com)-
 Saat hadir dalam acara kunjungan UMKM dan pengembangan pariwisata di Mungkid Kabupaten Magelang, JOMAN memberikan masukan kepada Sandiaga Uno (Kemenparekraf) pentingnya kegiatan UMKM perlu di koneksikan dengan Sekolah Kejuruan (SMK)  melalui pengadaan "Laboratorium Vokasi".

Yang mana di dalam laboratorium vokasi terdapat kegiatan-kegiatan pelatihan kursus singkat (kurikulum pendek) 2 hingga 3 bulan dibandingkan kurikulum formal yang mencapai 3 tahun.

Hal itu dengan harapan lulusan SMK tidak hanya memegang ijazah dengan kompetensi "single skill", tapi juga sertifikat pelatihan yang di dapat dari laboratorium vokasi.

Perlu diketahui bahwa Laboratorium Vokasi berisi aneka pelatihan berbasis kompetensi, artinya dengan siswa/i SMK mengikuti 2 - 3 pelatihan (misalnya kursus teknisi komputer, teknisi Hp dan elektronik, sedangkan kejuruan formal siswa/i yang di ambil misal montir sepeda motor) tatkala lulus siswa mengantongi ijazah dan 3 sertifikat pendamping.

Antisipasi ijazah formal montir sepeda motor di tolak pasar, maka 2 sertifikat yang ada bisa digunakan untuk membuka usaha mandiri/wiraswasta.

Namun demikian karena SMK bukan tanggungjawab Kemenparekraf, maka perlu koordinasi lanjut dengan Kemendikbud RI, dalam hal ini Ditjend vokasi yang baru terbentuk tahun 2019, dan menjadi model pengembangan pendidikan berbasis ketrampilan di Kemendikbud RI.

Selain itu masukan Ketua DPC JOMAN, Eko Tanuri, mendorong agar Kemenparekraf menjadi basis pengembangan unit usaha di BUMDesa/BUMDesma. Dengan kebijakan Kemendes PDT RI membebaskan pengembangan unit usaha BUMDes memiliki badan hukum, artinya BUMDes dapat memperluas unit usaha seluas-luasnya.

Sedikitnya BUMDes dapat mengembangkan usahanya seperti : pusat reparasi (elektronik HP, laptop, komputer), Wisdes (wisata desa), sentra budidaya, dapur BUMDes dan lainnya.

Dari masukan tersebut, JOMAN mendorong Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kemendes PDT. (yus)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com