Selamat Datang!

Pemprov Jateng Dukung Pengembangan Wisata Religi Danawarih Tegal

 

Bupati Tegal Umi Azizah saat berbincang dengan Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Fuad Hidayat dan Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Racmadi di Rumdin Bupati Tegal/foto: istimewa

SLAWI (ranahpesisir.com)- Rencana pengembangan objek wisata religi di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kabar baik ini mengemuka saat berlangsung pertemuan antara Bupati Tegal Umi Azizah dengan Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Fuad Hidayat dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi di Rumah Dinas Bupati Tegal, Minggu (28/03/2021) pagi.

Kunjungan rombongan dari Provinsi Jateng ini dimaksudkan untuk melihat lebih dekat rencana pengembangan destinasi wisata di Desa Danawarih. Sinoeng mengatakan, Desa Danawarih tidak hanya memiliki potensi wisata alam perdesaan yang menarik, tapi juga wisata religi karena keberadaan makam Ki Gede Sebayu, tokoh sejarah yang memiliki peran penting berdirinya Tegal.

Ia mengungkapkan jika keduanya dikelola dengan baik akan meningkatkan minat wisatawan untuk datang dan berkunjung.

Untuk itu, pihaknya bersama unsur legislatif berencana mendukung rencana pengembangan destinasi wisata Desa Danawarih melalui pendanaan APBD Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 kepada pemerintah desa setempat.

Ditanya soal pembukaan wahana wisata tirta di masa pandemi, Sinoeng menjelaskan jika wisata air masih belum diperbolehkan karena risikonya yang tinggi.

Menurutnya, hampir tidak ada orang yang berwisata di air memakai masker, sementara tidak ada pihak yang berani menjamin jika mereka yang ada di dalam air tersebut tidak batuk, tidak berteriak ataupun meludah sembarangan.

“Sejak awal pandemi, kami memutuskan untuk tidak membuka wahana wisata tirta semata-mata demi keselamatan masyarakat,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai penjabat sementara Bupati Tegal saat pelaksanaan Pilkada tahun 2018 lalu.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Disporapar Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan perhatiannya pada pengembangan kepariwisataan Kabupaten Tegal.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Disporapar Provinsi Jawa Tengah, juga dari DPRD Provinisi Jawa Tengah atas rencana alokasi bantuan untuk Desa Danawarih. Semoga bantuan tersebut dapat dikelola dengan baik dan bermanfaat,” ujar Umi.

Umi pun berharap, adanya Desa Wisata Religi Danawarih ini akan menjadi bagian dari khasanah kepariwisataan Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com