Selamat Datang!

Potensi Kenaikan Inflasi, TPID Kota Tegal Siap Antisipasi

Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono/foto: istimewa 

TEGAL (ranahpesisir.com)-
Menjelang datangnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2021, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersiap untuk antisipasi potensi kenaikan inflasi di wilayah Kota Tegal.

Terkait diatas, Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok biasa terjadi menjelang datangnya puasa dan hari raya keagamaan.

Menurutnya, momentum tersebut harus menjadi perhatian bersama, karena bagaimanapun dengan terjadinya kenaikkan kebutuhan yang terjadi di lapangan secara langsung warga masyarakat yang akan terkena imbasnya.

‘’Masyarakat kita sedang dalam taraf pemulihan karena pandemi Covid-19, jangan sampai terbebani lagi dengan kenaikkan beberapa komoditi,’’ kata Dedy saat menghadiri High Level Meeting (HLM) membahas strategi pengendalian inflasi menghadapi Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, di Ruang Adipura Komplek Balaikota Tegal, Kamis (25/3/2021).

Dedy Yon juga mengutarakan bahwa pemerintah daerah melalui tim Pengendalian Inflasi Terpadu (TPID) harus segera bertindak, karena apabila ini dibiarkan, inflasi di Kota Tegal akan semakin meninggi.

‘’Inflasi di Kota Tegal sampai dengan Februari 2021 mencapai pada kisaran angka 1,38% lebih baik dibanding pada Januari 2021 dan masih di bawah sasaran nasional  3% plus minus 1%," sebut Dedy.

Dedy mengemukakan, kenaikan harga cabe di pasar-pasar terjadi kembali, apa yang menjadi penyebabnya harus segera terpecahkan dan menjadi tugas semua untuk bisa meredam gejolak ini.

"Pemerintah Kota Tegal akan melakukan operasi pasar sebagai salah satu upaya untuk membantu menekan laju inflasi," terang Dedy.

Sementara, Deputi Perwakilan Bank Indonesia, Dodi Nugraha menyampaikan bahwa komoditi yang menjadi fokus yakni telur, cabai, ayam ras dan daging.

"Komoditas tersebut yang selalu berulang jelang Ramadan maupun lebaran selalu naik, dan nanti ada operasi pasar bersama dengan Pemkot Tegal," ungkap Dodi. (*)



Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com