Selamat Datang!

Ada Kesamaan Geografis, Bupati Pali Akan Kembangkan Telor Asin Brebes


BREBES (ranahpesisir.com)-
Mencermati adanya kesamaan geografis dan budaya, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan melakukan studi tiru. Bersama rombongan pejabat terkait ke Kabupaten dan diterima langsung oleh Bupati Brebes didampingi suami serta pejabat lainnya di Pendopo Brebes, Jumat (28/5/2021).

Beberapa pejabat Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten PALI, dan kepala OPD lainnya serta para peternak itik dan pengrajin telur asin juga menyertai Bupati. Mereka ingin belajar mengembangbiakan itik dan cara pembuatan telur asin Brebes yang menurut mereka memiliki ciri khas tersendiri.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengucapkan selamat datang di Kabupaten Brebes, juga terima kasih kepada Pj Bupati PALI H Rosidin Hasan yang melakukan study tiru di Brebes.

“Bukan hanya peternakan itik dan telur asin saja yang sudah mampu mengangkat perekonomian masyarakat dan menjadikan terkenalnya Kabupaten Brebes, tapi juga banyak olahan dan varian dari telur asin juga bawang merah. Di antaranya kripik telur asin, bawang pasta serta olahan lainnya. Juga dari sektor peternakan, ada sapi Jawa Brebes, yang lebih dikenal dengan nama  Sapi Jabres,” kata Idza.

Pemkab Brebes, lanjut Idza, juga nantinya akan belajar ke Kabupaten PALI terkait berbagai potensi daerah yang ada di PALI. Harapannya, Pemkab Brebes juga bisa melihat ke PALI dan mencari potensi yang bisa diadopsi dari Sumatera Selatan ke Kabupaten Brebes yang tujuan akhirnya mensejahterakan masyarakat melalui UMKM.


Telor asin, kata Idza, banyak variannya berkat inovasi para pelaku UMKM dan hasilnya juga sudah dipasarkan diberbagai tanah air. Selain itu, telur asin Brebes juga sudah menyandang predikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) oleh Kemendikbud RI 2020.

"Setelah mendapatkan penetapan dan terpublikasi secara luas, diharapkan menumbuhkan ekonomi mikro dan memajukan UKM di bidang pembuatan telur asin dan tak kalah penting juga sebagai kebanggaan daerah dan nasional," ujarnya.

Penetapan WBTb, lanjut Idza, bukan sekadar untuk perlindungan tetapi juga untuk berbagai kepentingan serta inisiatif untuk pembinaan yang berkesinambungan.

"Yang lebih pentingnya lagi, dapat kita wariskan ke generasi berikutnya," pungkasnya.

Pj Bupati PALI, Rosidin Hasan yang juga warga asli Desa Keboledan Kecamatan Wanasari Brebes mengatakan, kedatangannya di Kabupaten Brebes untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten PALI. Sebab, letak geografis Kabupaten PALI tak jauh berbeda dengan Kabupaten Brebes yang cocok untuk pengembangan peternakan itik.


Dikatakan Rosidin, Kondisi alam Kabupaten PALI tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Brebes. Oleh karena itu, dia mengajak rombongan dinas terkait untuk belajar ke Kabupaten Brebes yang juga kampung halamannya. 

"Kami juga sudah berkunjung ke peternakan itik untuk pengembangan potensi di PALI,” kata Rosidin Hasan, usai diskusi dengan Bupati Brebes beserta jajarannya.

Rosidin menabahkan, sebagai warga Desa Keboledan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, lanjutnya, dirinya mengetahui tentang potensi Kabupaten Brebes khususnya telur asin yang memiliki rasa khas tersendiri. Sehingga, Rosidin mengajak dinas terkait untuk belajar pembuatan telur asin di Kabupaten Brebes. Bukan hanya itu, dia pun akan belajar tentang potensi lain yang ada di Kabupaten Brebes. 

“Tadi saat berdiskusi dan berbincang-bincang, Ibu Bupati juga menyampaikan potensi-potensi yang ada di Brebes, seperti sapi Jawa Brebes atau (Jabres). Juga pariwisata yang makin berkembang," lanjut Rosidin.

Rosidin juga mengenalkan kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan memiliki banyak potensi. “Kami ingin peternak itik juga pelaku usaha menggali ilmu dan studi tiru dari Brebes. Agar sepulangnya dari sini (Kabupaten Brebes), kami bisa mengadopsi atau bahkan menciptakan inovasi baru yang nantinya bisa menjadi ikon daerah serta menularkan ilmu yang didapat kepada warga lainnya di Kabupaten PALI,” pungkasnya. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com