Selamat Datang!

Distributor Pupuk Bersubsidi Nakal, Diawasi SIDIA

 


BREBES (ranahpesisir.com)- Cukup dengan mengklik aplikasi Sistem Informasi PerseDIAan (SIDIA) dapat diketahui ketersediaan Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Brebes. Aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu cara pengawasan pupuk bersubsidi ditingkat distributor hingga ke agen dan pengecer.

Sistem Informasi Persediaan merupakan suatu sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data dan mengolah data persediaan pupuk bersubsidi. Sehingga kalua ada distributor nakal langsung bisa diketahui.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melalui Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dra Tety Yuliana MPd saat melaunching dan membuka sosialisasi SIDIA di salah satu rumah makan Wanasari, Selasa (22/6/2021).


Selain untuk mengetahui persediaan, lanjut Tety, inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi Persediaan (SIDIA) juga untuk mengetahui percepatan informasi persediaan pupuk bersubsidi di masing-masing penyalur secara realtime. 

“Dengan SIDIA, akan mempermudah dalam pembinaan dan pemantauan penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Brebes,” tandasnya.


Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes Hj Farikha menjelaskan, Aplikasi SIDIA berbasis web merupakan media pelaporan distribusi pupuk bersubsidi yang dapat diakses melalui jaringan Internet. Sistem ini, selanjutnya dikembangkan Bagian Perekonomian Setda Brebes sebagai salah satu tupoksi dalam pelaksanaan tugas dalam upaya membantu petani dan kesejahteraan masyarakat Brebes.

Usai peluncuran, peserta mengikuti sosialisasi cara penggunggunaan aplikasi SIDIA. Tampak mengikuti sosialisasi antara lain Kepala Bidang Perdagangan Dinkopumdag Kabupaten Brebes, Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Para Produsen dan Distributor Pupuk Bersubsidi Se-Kabupaten Brebes, serta seluruh Pegawai di Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Brebes.


Sosialisasi diawali dengan penampilan video tutorial penggunaan aplikasi SIDIA, mulai dari login, tata cara pengisian data, dan output atau informasi dari aplikasi SIDIA.

Kepala Sub Bagian Pengendalian dan Distribusi Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes Rosyidah menjelaskan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman secara utuh mengenai penggunaan maupun pengoperasian aplikasi SIDIA. Sehingga dapat berguna dalam proses pelaporan distribusi pupuk bersubsidi dari distributor se-Kabupaten Brebes.

Selanjutnya, dilakukan uji coba sistem aplikasi SIDIA untuk menemukan permasalahan berkaitan dengan aplikasi beserta masukan-masukan lain agar dapat diinformasikan ke Bagian Perekonomian dan Tim IT Setda Brebes. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com