Selamat Datang!

Bupati Tegal: Rendahnya Angka Capaian Vaksinasi Karena Pasokan Vaksin Masih Terbatas

Bupati Tegal Umi Azizah beserta unsur Forkopimda Kabupaten Tegal saat mengikuti konferensi video bersama Wapres Ma'ruf Amin di rumah dinasnya, Jumat (23/7/2021)/foto: setda pemkab tegal.

SLAWI (ranahpesisir.com)-
Bupati Tegal Umi Azizah usai mengikuti konferensi video bersama Wapres Ma'ruf Amin di rumah dinasnya bersama unsur Forkopimda, Jumat (23/7/2021) menjelaskan, penyebab rendahnya angka capaian vaksinasi di Kabupaten Tegal lebih dikarenakan pasokan vaksin masih terbatas, belum sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Tegal yang mencapai 1,59 juta jiwa atau terbesar kelima di Jawa Tengah.

“Pasokan vaksin dari pusat atau yang akhir-akhir ini dari provinsi jumlahnya terbatas dan relatif sama alokasinya dengan kabupaten atau kota lain yang penduduknya sedikit,” kata Bupati Tegal.

Sedangkan Juru Bicara Penanganan Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal, Sarmanah Adi Muraeny menambahkan jika dari sisi tenaga vaksinator jumlahnya masih mencukupi, yakni jumlah vaksinator di Kabupaten Tegal ada 1.699 orang, dimana 1.662 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, 30 orang dari TNI dan 7 orang dari Kepolisian.

"Dalam sehari, kita bisa menyuntikkan rata-rata tiga hingga empat ribu dosis dan maksimal pernah sampai 5.779 dosis,” kata Sarmanah.

Sementara terkait kendala distribusi vaksin, Sarmanah mengungkapkan tidak ada kendala atau masalah pendistribusian vaksin ke Puskesmas. Realisasi penyuntikan vaksin di Kabupaten Tegal sudah mencapai 178.818 dosis dengan rincian 119.361 dosis untuk vaksin pertama dan 59.457 dosis untuk vaksin kedua.

Ia mengimbau, warga yang belum melakukan vaksinasi dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, baik puskesmas, rumah sakit atau klinik kesehatan yang sudah dirujuk Pemkab Tegal. Syaratnya cukup membawa kartu tanda penduduk atau KTP. (hn/*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com