Selamat Datang!

Petani Bantul Berhasil Tanam Jeruk Siam Dilahan Pasir Pansela

 


BANTUL (ranahpesisir.com)- Usaha menanam Jeruk Siam di Kawasan Pantai Selatan (Pansela) diprakarsai oleh Yuni Maryanto petani asal Dusun Soge Srigading Sanden Bantul.

Yuni Maryanto bersama 50 orang rekannya yang tergabung dalam Perkumpulan Forum Komunikasi Petani "Ngrembaka Nir Sambikala" mengawali usahanya tiga tahun yang lalu, tahun pertama dan kedua hasil kebun jeruk ini hanya beberapa pohon saja yang berbuah.

Tahun ketiga atau di  2021 ini, semua pohon berbuah lebat, satu pohon bisa mencapai 20 - 30 kg. Kebun buah ini terbuka untuk umum, pengunjung bisa memetik Jeruk Siam sepuasnya, per 1 kg nya pengunjung cukup membayar 10.000 rupiah.

"Minggu yang lalu kita berhasil menjual 8 kuintal Jeruk Siam, selain kami sediakan untuk pengunjung, jeruk juga kami pasarkan di pasar-pasar," terang Yuni Maryanto.

Pihaknya berobsesi untuk menjadikan Kawasan Pansela ini menjadi tempat Agro Bisnis di Bantul bagian selatan, dukungan pemerintah atau OPD terkait kami harapkan untuk mengembangkan kebun buah Jeruk Siam ini.

"Sebagai usaha sampingan, kebun jeruk di lahan pasir ini sangat unik dan menjanjikan, apalagi di era Pandemi Covid-19," tambah Yuni Maryanto. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com