Selamat Datang!

TNI AL Koarmada II Peduli Masyarakat Terpencil di Kepulauan

 


SURABAYA (ranahpesisir.com)- Perlindungan terhadap ancaman Covid-19 bukan hanya hak masyarakat di perkotaan atau pulau-pulau besar. Rakyat di kepulauan memiliki hak yang sama untuk aman dari serangan Covid-19, (28/07/2021).

TNI AL dengan sarana angkutan laut yang mampu menjangkau hingga ke pulau-pulau terpencil memberikan kepedulian dan perhatian yang sangat besar kepada penduduk yang mendiami pulau-pulau yang jauh dari kota-kota besar.

Kali ini TNI AL melalui Koarmada II bekerjasama dengan Pemprov Jatim menyasar masyarakat di Pulau Bawean, sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Jawa, berjarak 90 NM (165 KM) di utara Kota Surabaya, dalam Serbuan Vaksinasi sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk secepatnya menuntaskan persoalan Covid-19 di Negara Indonesia.

Dengan kekuatan lebih dari 300 orang yang dipimpin oleh Dansatfib Koarmada II, Kol Laut (P) Imam Purwanto, sebagai Dansatgas, menggunakan KRI Makasar-590, Koarmada II melaksanakan program vaksinasi di Pulau Bawean selama 3 hari, mulai 28 hingga 30 Juli 2021, dan mentargetkan 10.000 orang untuk divaksin selama pelaksanaan.


Untuk menghindari kerumunan berlebihan dan memudahkan mobilitas warga, maka vaksinasi di Pulau Bawean dibagi menjadi 6 Pos/Lokasi, yaitu:

- Pos 1 di Pesanggrahan Kabupaten Kec. Sangkapura, 

- Pos 2 di Aula Pesantren Hasan Jufri, 

- Pos 3 di Desa Daun, 

- Pos 4 di Pendopo Kec. Tambak, 

- Pos 5 di Puskesmas Pembantu Desa Teluk Jati Dawang Kec. Tambak

- Pos 6 di UPT SDN 361 GRESIK Desa Diponggo Kec. Tambak.


Satgas Serbuan Vaksin Koarmada II mentargetkan 500-750 orang per pos per hari. 

Tenaga Medis yang terlibat sebanyak 150 orang, terdiri dari:

- 20 orang dari Diskes Koarmada II

- 100 orang Mahasiswa STIKES Hang Tuah Surabaya

- 30 orang dari Puskesmas Tambak dan Puskesmas Sangkapura.

Selain vaksinasi, kegiatan juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan vaksinasi sehingga masyarakat mendapat informasi yang tepat serta tidak termakan hoax yang berkembang dan menyesatkan.


Selain itu, Satgas Vaksinasi Koarmada II juga akan menyalurkan bantuan matkes dari Pemprov Jatim dan Relawan Covid-19 kepada masyarakat Pulau Bawean, berupa:

- 2.500 buah APD

- 50.000 buah masker

- 1.000 buah swab antigen.

- 100 paket sembako

- 150 karton air mineral

- 100 paket susu dan telur

- 100 paket susu dan roti

- 150 botol vit C IPI

Pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Bawean ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB setiap harinya dan rencananya akan ditinjau langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH, MAP, M.Tr, (Han) dan Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com