Selamat Datang!

Warga PKM Laksanakan Cek Kesehatan dan Penyemprotan Disinfectan

CEK KESEHATAN- Salah satu warga Perumahan Kalipucang Makmur yang mengikuti giat pemeriksaan kesehatan saat di tensi oleh petugas kesehatan, Minggu (4/7/2021)/foto: istimewa 

BREBES (ranahpesisir.com)-
Dalam rangka membantu pemerintah mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19), warga Perumahan Kalipucang Makmur (PKM) Desa Kalipucang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes melaksanakan giat pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinfektan, Minggu (4/7/2021).


Ketua panitia, Aji Condro mengatakan giat pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinfectan ini sengaja dilakukan sebagai upaya mencegah mata rantai penyebaran Covid-19.


"Pemeriksaan ini untuk mengetahui sejauhmana kesehatan warga Perumahan Kalipucang Makmur, khususnya wilayah utara di masa pandemi dan cuaca seperti sekarang ini," kata Condro.


Ia yang kesehariannya berprofesi sebagai perawat di salah satu rumah sakit di wilayah Kabupaten Tegal terdorong untuk melakukan cek kesehatan lantaran tidak sedikit warga perumahan yang kurang sehat.


"Rata-rata kurang sehat karena faktor cuaca, sehingga warga yang kebetulan imunnya kurang bagus jadi mudah terserang penyakit seperti pilek, batuk, demam dan gejala ringan lainnya," ungkap Condro.


Dalam kesempatan itu, warga nampak antusias mengikuti giat pemeriksaan kesehatan yang di mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Warga tidak hanya datang dengan menggunakan masker namun juga tetap menjaga jarak saat mengantri giliran.


Warga yang datang sebelum mengikuti pemeriksaan terlebih dahulu melewati tahapan yang telah ditentukan. Diantaranya di cek suhu badan, mencuci tangan dengan handsanitizer, kemudian intervieuw mengisi berkas keluhan, lanjut ke pemeriksaan kesehatan serta pemberian obat sesuai keluhan, vitamin dan masker.


"Yang ada keluhan di berikan obat dan vitamin, sedang yang sehat sehat saja hanya diberikan vitamin atau suplemen. Termasuk bubur kacang ijo sebagai tambahan dan masker," lanjut Condro.


Usai pemeriksaan kesehatan terhadap warga, acara dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga, jalan perumahan, pos ronda dan Musholla Sakinah Al Bahar yang ada di perumahan tersebut.


Rosidi salah satu warga yang sebelumnya bertugas mengecek suhu badan dengan thermogun, didaulat untuk menjadi petugas penyemprotan disinfektan dengan berkeliling ke rumah rumah warga.


"Baru kali ini saya bertugas menyemprotkan disinfectan lengkap dengan menggunakan hasmat, faceshield, masker dan sepatuboot. Rasanya agak berat dan panas, namun alhamdulillah senang bisa ikut berpartisipasi dalam giat positif kali ini," terang Rosidi, salah satu ustad dan imam musholla di perumahan tersebut.


Giat pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinfektan yang di akhiri menjelang dhuhur pun mendapat apresiasi dari beberapa warga, dan berharap warga tidak kendor menerapkan 3 M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan). (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com