Selamat Datang!

1344 Mahasiswa UPS Tegal Mengikuti KKN Daya Sakti Lawan Covid-19


TEGAL (ranahpesisir.com)-
Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kembali menerjunkan ribuan mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2021. Penerjunan ribuan mahasiswa KKN dilakukan di empat wilayah yaitu Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes yang dilaksanakan secara bertahap dari tanggal 19 Juli sampai dengan 2 September 2021. Jumlah total mahasiswa KKN sebanyak 1344 dan didampingi oleh 75 dosen pembimbing lapangan (DPL).

Penerjunan mahasiswa KKN di Kota Tegal dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2021 dengan Peserta KKN di sebanyak 140 orang mahasiswa (KKN Reguler dan KKN Alternatif), dengan jumlah dosen pembimbing (DPL) sebanyak 18 orang.

Acara penyerahan mahasiswa KKN langsung dilakukan oleh Rektor UPS  Prof Dr Fakhruddin MPd kepada Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono SH MM. 

Sementara itu pada tanggal 26 Juli 2021 sebelumnya, dilakukan kegiatan penerjunan mahasiswa KKN di dua tempat secara bersamaan, yaitu di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang.

Penerjunan Mahasiswa KKN di Kabupaten Brebes dilaksanakan oleh Wakil Rektor 1 Dr Purwo Susongko MPd dan diterima oleh Bupati Brebes yang diwakili oleh Wakil Bupati Brebes Narjo, SH, MH. Acara ini diikuti 462 mahasiswa dan 22 DPL. 

Di wilayah Kabupaten Pemalang penerjunan mahasiswa KKN di Kabupaten Pemalang dilaksanakan oleh Wakil Rektor 2 Dr Fajar Ari Sadewa SH MH dan diterima oleh Bupati Pemalang yang diwakili Ketua Bappeda Pemalang dengan jumlah 129 Mahasiswa 9 DPL.

Untuk wilayah Kabupaten Tegal penerjunan KKN dilakukan Rabu 4 Juli 2021.

Rektor UPS dalam sambutanya menyampaikan bahwa KKN adalah program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mempunyai tujuan utama untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Tujuan khusus KKN, lanjut Rektor adalah Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat; Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah; Mendekatkan UPS Tegal dengan masyarakat; Membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat; dan mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.

Tema KKN UPS Tegal Tahun 2021 yaitu Daya Sakti Lawan Covid-19. KKN Daya sakti merupakan kegiatannya berhubungan dengan pencegahan Covid-19 dengan muatan tambahan yang mengarah lima (5) pilar yaitu : Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Pilar Pendidikan, dan Pilar Berkepribadian Pancasila.


Kegiatan KKN tahun 2021 ini adalah bersifat online dan offline dimana output dari kegiatan KKN ini adalah kelompok mahasiswa KKN bisa memberikan sebuah produk yang berhubungan dengan 5 pilar diatas, serta bisa didistribusikan di masyarakat sebagai bentuk pencegahan Covid-19. Kalaupun ada kegiatan KKN yang memang harus melibatkan masyarakat secara luring/offline itu juga harus dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Walikota Tegal menyampaikan dukungannya atas penyelenggaraan KKN ini sebagai instrument akademik bagi para mahasiwa tingkat akhir, agar terlebih dahulu merasakan pengalaman mengabdi kepada masyarakat dan bersosialisasi di dunia nyata. Sehingga mereka bisa menerapkan pengetahuan yang di dapat dari kampus.

Walikota Tegal berterima kasih atas adanya kegiatan KKN yang dilaksanakan UPS menunjang program pemerintah, khususnya dalam hal sosialisasi kepada masyarakat, tentang pentingnya upaya menjaga protokol kesehatan agar tidak terserang Covid-19.

Walikota Tegal berharap peserta KKN juga tutur serta memberikan pengertian kepada masyarakat diwilayah KKN, agar mau melaksanakan vaksinasi Covid-19, sebab vaksin terbukti meminimalisir gejala berat yang bisa timbul karena terserang Covid-19. 

Pemerintah Kota Tegal saat ini melakukan program pemercepatan vaksinasi untuk menanggulangi pandemi Covid-19, dengan menggelar 1000 gerai vaksin baik untuk warga Kota Tegal, maupun warga diluar Kota Tegal.

Walikota kembali berharap mahasiwa KKN ikut memberikan informasi percepatan vaksinasi ini, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Tegal. 

Penerjunan mahasiswa KKN Universitas Pancasakti di wilayah Kota Tegal diterima oleh Walikota Tegal ditandai Penyematan Atribut KKN dengan didampingi oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal, dan penandatanganan berita acara Penerjunan KKN UPS di wilayah Kota Tegal. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com