Selamat Datang!

Bupati Tegal Resmikan BUMDes dan Launching Jatimulya Smart

 


TEGAL (ranahpesisir.com)- Bupati Tegal meresmikan BUMDes dan Launching  Jatimulya Smart bertempat di Desa  Jatimulya Kecamatan Lebaksiu, Senin (27/9/2021).

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Permasdes, Forkompincam Lebaksiu,  Camat Lebaksiu Iwan Kurniawan, AP, Kapolsek Lebaksiu AKP Nugroho, S, serta Danramil Lebaksiu yang diwakilkan oleh Babinsa, 15 Kades diwilayah Kecamatan Lebaksiu dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Tegal, Umi Azizah dalam sambutannya mengatakan "Dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa Jatimulya." Ada empat tujuan didirikanya BUMDes, diantaranya adalah; Meningkatkan perekonomian desa, Meningkatkan pendapatan asli desa, Meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif desa yang dilakukan secara koorperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustaniabel. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional," terang Umi Azizah.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, bahwa di Kabupaten Tegal, dirinya berjanji siap membantu  desa yang akan proses  dalam pembuatan BUMDes dan pasar desa di akhir September 2021.

"Kita sangat siap untuk hadirkan BUMDes di akhir tahun nanti," ujar Umi Azizah 

Bupati menyebutkan, pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu harapannya pertumbuhan BUMDes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. 


"Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan," ungkap Umi Azizah 

"BUMDdes-BUMDes ini akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah. "Karakter dengan potensi daerah harus dikembangkan dengan pola ekonomi," ucap Bupati.

Sementara itu Kepala Desa Jatilmulya Mualimin mengatakan  peresmian BUMDes dan Jatimulya Smart, diharapkan dapat meningkatkan tenaga kerja produktif dan taraf hidup masyarakat Desa Jatimulya.

"Jatimulya Smart akan menjadi salah satu  percontohan di Kecamatan Lebaksiu," ungkap Kades.

BUMDes yang didukung dengan Desa Smart sebagai contoh Jatimulya Smart merupakan wujud nyata BUMDes sebagai outlet atau toko untuk usaha bersama beberapa desa. Untuk itu, pihaknya terus mengajak Pemerintah Desa senantiasa membuat wadah sebagai fasilitas BUMDes sebagai daya saing swalayan lainnya juga sebagai cadangan sumber PADes Jatimulya," ujar Kades.

Mu'alimin menyebutkan setelah peresmian ini diharapkan akan tumbuh  Desa Smart lainya pada akhir tahun ini," harapnya.

Selesai acara  dilanjutkan dengan pengguntingan pita Jatimulya Smart oleh Bupati Tegal Umi Azizah. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com