Selamat Datang!

Saatnya Pengurus Koperasi Melek Teknologi


BREBES (ranahpesisir.com)-
Sejak Virus Corona mewabah, interaksi komunikasi dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Oleh karena itu, masyarakat harus mampu menguasai TIK, tak terkecuali, bagi pengurus koperasi. Terutama dalam pembukuan dan pemasaran produk dengan menggunakan TIK maka jangan sampai gagap teknologi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koprasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkumdag) Kabupaten Brebes Drs Zaenudin MSi saat tasyakuran dan seminar Hari Koperasi Ke-74 Tahun 2021di gedung Korpri, Jalan MT Haryono Brebes, Rabu (22/9/2021).

Zaenudin menjelaskan, masyarakat cenderung memanfaatkan teknologi dalam melakukan segala aktifitasnya. Teknologi informasi itu, bisa dimanfaatkan pengurus koperasi guna mensosialisasikan, mempromosikan produk dan eksistensi koperasi di media sosial.

Untuk mempertahankan eksistensi koperasi, lanjut Zaenudin, ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain memperbanyak pembinaan internal, perketat pengawasan penggunaan keuangan dan memperluas cakupan keanggotaan. 

Zaenudin menambahkan, di Kabupaten Brebes terdapat 384 koperasi dengan status masih aktif sejumlah 310 koperasi dan 74 koperasi non aktif.

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH melalui Asisten Sekda bidang Ekonomi Pembangunan Tety Yuliana menyampaikan terima kasih kepada para pegiat koperasi karena telah merawat koperasi hingga 74 tahun. Bertambahnya usia, semoga koperasi di Kabupaten Brebes semakin tumbuh, berkembang, dan maju. Sehingga memberikan nilai penguatan ekonomi masyarakat terutama di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bupati juga mengingatkan, agar koperasi semakin meningkatkan kemampuan dalam membaca berbagai perubahan. Seperti adanya kebijakan pasar bebas, yang mengharuskan kita mengambil langkah bijaksana. Karena di satu sisi tantangan yang cukup berat, di sisi lain merupakan peluang emas untuk membuka pasar baru.

Bupati juga berpesan agar tetap waspada di masa pandemi Covid-19 karena masih pada level 3 PPKM. Masyarakat harus selalu berhati-hati, disiplin melaksanakan protokol kesehatan sebagai upaya melindungi diri dan lingkungan sekitar dengan selalu menjaga 5m. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Seminar yang diikuti 50 Ketua Koperasi di Kabupaten Brebes mendatangkan narasumber Praktisi LSP KJK yang juga mantan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Setyo Heriyanto. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com