Selamat Datang!

Bahas Simulasi ANBK KWK Dikbud Berkumpul

 


SLAWI (ranahpesisir.com)- Adanya pergantian UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) menjadi ANBK Asesmen Nasional Berbasis Komputer) oleh BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) secara umum adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang hanya dilaksanakan pada akhir tahun, sedang ANBK dilaksanakan pada siswa di kelas 5 SD, 8 SMP dan 11 SMA/SMK.

Dan guna menindaklanjuti penerapan ANBK di Kabupaten Tegal, Koordinator Wilayah Kecamatan (KWK) dari berbagai kecamatan berkumpul di gedung PGRI Kec. Pangkah guna menerima arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang diwakili oleh Kabid SD, Satiyo, Kabid pendidik dan Kependidikan Wahidin Kharirim beserta rekan lainnya. Acara yang diadakan pada senin dimulai pukul 14.00 dihadiri oleh KWK Dikbud se- Kab Tegal dan yang mewakili.

Menurut Satiyo, simulasi ANBK sudah dilaksanakan di tingkat SMP dan selanjutnya tinggal ditingkat SD untuk dilaksanakan. Karena dalam pelaksanaanya membutuhkan perangkat beberapa komputer maka bagi sekolah yang belum siap bisa menginduk di salah satu sekolah yang sudah terpenuhi dann lengkap sarana komputernya," tuturnya.

Ditambahkan, bahwa program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil. Dan kategori pengukuranya untuk ANBK mencakup tiga bagian yang pertama Asesmen Komputer Minimum (AKM) yang artinya mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Yang kedua Survei Karakter mengukur sikap, kebiasaan, nilai nilai sebagai hasil belajar nonkognitif serta selanjutnya atau yang ketiga, Survei Lingkungan Belajar yaitu mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran. "Harapanya dengan adanya pembahasan tentang simulasi ANBK dapat segera dilaksanakan di tiap sekolah di masing masing kecamatan," papar Satiyo.

Sementara Sarjono, KWK Dikbud KecJatinegara usai mengikuti acara sosialisasi ANBK, saat dikonfirmasi mengatakan, akan secepatnya mensosialisasikan lagi ke semua Kepala Sekolah di lingkunganya, tentang penerapan ANBK," ungkapnya.

Dalam acara yang berlangsung di gedung PGRI Pangkah, selain ada sesi tanya jawab, acara berjalan cukup lancar, tidak lupa peserta rapat juga menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak. (seno aji)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com