Selamat Datang!

Cak Imin Politisi Peduli Kaum Bawah

 

Muhaimin Iskandar/foto:istimewa

Muhaimin Iskandar merupakan salah satu politisi kondang dan aktivis yang peduli kepada perjuangan demokrasi.

Gus Imin sapaan akrabnya aktif sejak menjadi mahasiswa di UGM dan PMII dalam melawan otoritarianisme dan sentralisasi.

 Muhaimin juga sangat menyukai bidang jurnalis, bahkan pasca sarjananya mengambil program manajemen komunikasi di sebuah Universitas Negeri di Jakarta. 

Ikutserta Mendirikan PKB

Sebagai wadah perjuangan, karir politiknya dimulai ketika dia bersama para senior NU ikut mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa.

Setelah menjadi Sekjen PKB, kemudian dia menjadi anggota DPR sebagai ketua fraksi. dan menjabat sebagai Ketua Dewan Tanfidziah PKB periode 2002-2007.

 Ketua PMI 

Cak aimin yang dikaruniai tiga anak ini  juga pernah menjadi pemimpin Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) pdari1994 hingga 1997.

 Menjadi Anggota Legislatif

Jabatan lainnya yang pernah dia capai adalah menjadi Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Perindustrian perdagangan dan pembangunan.

Karir putra keturunan KH Bisri Muhaimin, salah satu Ulama besar pendiri NU ini makin menanjak.

 Menjadi Menteri di era SBY

Cak Imin juga dipercaya untuk menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) sejak 22 Oktober 2009. Saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan, SBY mengarahkan agar mantan Wakil Ketua DPR RI periode 1999-2004 ini diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. SBY juga mengamanatkan agar memperhatikan pendidikan dengan dunia kerja sehingga menghasilkan tenaga kerja yang menguasai bidangnya.

Cak Imin Dikenal Peduli Kaum Bawah

Sebagai menakertrans, dia sangat peduli dengan kehidupan karyawan di Indonesia.

Pada permasalahan outsourcing, dia melihat istilah tersebut sangat kabur. Apalagi sistem hubungan industrial yang beberapa bulan terakhir ditolak serikat pekerja itu, sebetulnya tidak ada dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang

Dalam dunia Ketenagakerjaan. Cak Imin berharap, semua pihak termasuk media massa, tidak lagi menggunakan istilah outsourcing ataupun alih daya

 Perjuangkan nasibTKI

Selain itu, dia juga memperjuangkan nasib para TKI yang dianiaya.

 Dia mengirimkan surat protes kepada satuan tugas tenaga kerja Indonesia di Malaysia karena ada salah satu TKW yang diperkosa.

Dia memprotes keras peristiwa pemerkosaan TKI yang dilakukan oknum kepolisian Malaysia. Meskipun pelaku kejahatan telah ditangkap, Dia pun terus melakukan pendampingan kepada warga Indonesia yang bekerja di Malaysia juga pengacara.

Muhaimin termasuk seorang politisi senior di DPR, dirinya terpilih untuk kedua kalinya, sejak DPR Periode 1999-2004 hingga Periode 2004-2009. Hal tersebut menunjukkan Muhaimin masih dicintai oleh konstituennya dan menjadi penyambung lidah rakyat. Di Parlemen, menurut Muhaimin, dirinya akan berusaha berjuang agar DPR menjadi motor pembaharuan dari sistem ketatanegaraan.

Bagi pria kelahiran Jombang tersebut, hidup adalah perjuangan. Hidup adalah bagaimana bisa bermanfaat bagi manusia lainnya. Sementara itu, disela-sela kesibukannya, dirinya masih menyempatkan diri untuk menulis dan membaca bahkan beberapa buku telah ditulisnya.

Dirinya masih menyempatkan mengisi acara di beberapa radio yang mengangkatnya sebagai konsultan utama. Di sisi lain, kesuksesan yang diraihnya tidak terlepas dari peran dan dukungan keluarga. Tidak heran, disela-sela waktu luangnya, Muhaimin selalu menghabiskan waktunya untuk keluarga. (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com