Selamat Datang!

Bupati Ajak PPAT Tingkatkan Profesionalisme




BREBES (ranahpesisir.com
)Tanggung jawab notaris selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dipandang sangat berat. Karena PPAT di era sekarang harus mampu meningkatkan pelayanan masyarakat, utamanya dalam izin pembangunan serta pengurusan akta tanah. Untuk itu, PPAT agar meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. 

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat membuka Upgrading dan Konferensi Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengda Brebes di Grand Dian Hotel, Rabu (9/2).

Idza menegaskan, pengurus maupun anggota IPPAT harus dapat menjaga kode etik dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengedepankan pelayanan masyarakat,

PPAT, lanjutnya, merupakan mitra Pemerintah Kabupaten, khususnya dalam pemberian kepastian Hak Atas Tanah dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam kapasitasnya sebagai legal advice atau nasihat hukum, telah membantu pemerintah menjelaskan kepada para pihak yang mengalihkan tanah dan bangunan. Juga menjelaskan mengenai kewajiban membayar Pajak Penghasilan (PPh) dari perolehan tanah dan bangunan, serta dari pihak yang menerima pengalihan tanah dan bangunan mengenai Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

Idza juga berharap, dalam Konferensi daerah (Konferda) tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memilih pengurus yang kredibel dan mumpuni. Memiliki kompetensi yang memadai agar dapat menakhodai IPPAT Kabupaten Brebes untuk mencapai tujuan dan cita-citanya di masa yang akan datang. 

Ketua IPPAT Korwil Brebes Tegal Slawi Endang Yuniarti SH MKn mengatakan, Konferda dikandung maksud untuk membicarakan dan memutuskan berbagai persoalan yang mengemuka. Di dalamnya ada penilaian atas pertanggungjawaban Pengurus Daerah IPPAT Kabupaten Brebes mengenai tugas, wewenang dan keuangan selama masa jabatan. Juga merumuskan program kerja, pemilihan dan penetapan Ketua Pengurus Daerah IPPAT. 

Tampak hadir antara lain Asisten Sekda Brebes bidang ekonomi dan pembangunan Tety Yuliana, Kepala Bapenda Kabupaten Brebes Subandi, Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Brebes Iptu Puji Haryanti, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indoneisa (INI) dan IPPAT Jawa Tengah Prof. Dr Widhi Handoko SH S.Pn, Ketua IPPAT Pengda Brebes Yuni Andaryanti SH, Ketua Ikatan Notaris Indonesia Pengda Brebes Wahyu Ririn Erawati serta se anggota INI dan IPPAT Pengurus Daerah Kabupaten Brebes.(*)


Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com