Selamat Datang!

Tekan Longsor, HIPMI Bantu Rumput Gama Umami





BREBES (ranahpesisir.com )-
Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa /tengah dan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Brebes menyerahkan bantuan rumput Gama Umami. Rumput hasil penemuan dosen Fakultas Peternakan UGM itu diserahkan Ketua BPC HIPMI Brebes Azizar dan diterima Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, di Pendopo Bupati, Rabu (2/2).


Wakil Bupati Narjo SH MH menyambut hangat dan terima kasih kepada HIPMI yang telah memberikan bantuan rumput Gama Umami. Bantuan ini sangat berharga sekali karena dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes bisa ditanam di berbagai tempat. 

Kata Narjo, untuk mereboisasi hutan perlu kerja sama seluruh pihak terkait. Tanpa campur tangan semua pihak, tidak akan terjadi peremajaan hutan. Yang terjadi hanyalah kerusakan hutan dan bencana alam yang datang bertubi-tubi.

Langkah HIPMI dengan memberikan bantuan rumput merupakan kontribusi yang tak ternilai harganya. Narjo sangat mengapresiasi, dan mudah-mudahan perkumpulan lainny bisa memberikan andil yang besar dalam menyelamatkan hutan.

Kata Azizar, HIPMI turut prihatin dengan kondisi hutan Brebes yang gundul, khususnya di daerah Dawuhan, Kecamatan Sirampog sehingga kerap terjadi longsor dan banjir. Dengan bantuan rumput tersebut, diharapkan bisa mencegah terjadinya, banjir, longsor dan sekaligus memenuhi pakan ternak bagi peternak setempat. 

Selain pemberian bantuan, Ketua BPC HIPMI yang didampingi Sekretaris Jefri dan Bendahara Umum Kingking Trahing Kusuma bertujuan silaturahmi. Pihaknya sengaja sowan ke Pendopo untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis antara Pemkab dan HIPMI. 

“Kolaborasi ini, kelak membawa kemajuan Kabupaten Brebes,” terang Azis. 

Dengan kolaborasi, lanjutnya, kedepan bisa menyiapkan kader atau anggota HIPMI Brebes usahanya semakin maju, sukses dan sejahtera.

Kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Ismu Subroto menjelaskan, Fakultas Peternakan (Fapet) UGM tengah mengembangkan rumput Gama Umami. Yaitu mutasi rumput gajah yang telah diradiasi sinar gamma sehingga menghasilkan rumput yang lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Rumput gajah dipilih karena rumput ini merupakan jenis yang unggul, disukai ternak ruminansia, dan sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis. Hasil produksi rumput Gama Umami lebih tinggi dibandingkan rumput gajah lokal sebagai tetua dan dalam setahun dapat dipanen hingga 6 kali.

“Mutasi dengan radiasi sinar gamma dapat memengaruhi morfologi, anatomi, dan fisiologi tanaman sehingga menghasilkan tanaman yang lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Aplikasi radiasi sinar gamma digunakan pada organ vegetatif, bunga, dan biji tanaman rumput gajah,” papar Ismu.

HIPMI, kata Ismu, menyerahkan bantuan berupa Rumput Gama Umami sebanyak 10.000 Stek. Rumput tersebut, akan ditanam di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog sebagai penahan longsor dan sebagai bahan pakan ternak domba, sapi, yang banyak di desa tersebut. Juga akan ditanam di Padang Pengembalaan, Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Bumiayu untuk persiapan lumbung (*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com