Selamat Datang!

Bupati Brebes Serahkan LKPD Unaudited 2021 Ke BPK RI


BREBES (ranahpesisir.com )
-Penyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Brebes oleh Bupati Hj Idza Priyanti SE MH, yang diterima Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali, di aula Kantor BPK RI Perwakilan Semarang, Jumat (25/3).


Dalam penyerahan tersebut Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan, Inspektur Kabupaten Brebes Nur Ary Haris Yuswanto, Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Brebes Edy Kusmartono.


Penyerahan LKPD dilakukan sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, khususnya pada Pasal 56 ayat (3).


Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan, penyerahan LKPD tersebut merupakan bagian dari pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten pada tahun 2021.


Sesuai regulasi, LKPD disampaikan kepada BPK paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir alias hingga akhir bulan Maret.


“Alhamdulillah, sebelum batas akhir tersebut, kami pemerintah daerah Kabupaten Brebes telah menyerahkan LKPD tahun 2021 kepada BPK,” jelasnya.


Jika mendapat rekomendasi demi peningkatan tata kelola keuangan daerah yang berujung pada peningkatan kualitas dari BPK segera ditindaklanjuti.


Laporan keuangan yang telah diserahkan ini sesuai dengan jumlah aspek, seperti kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kepatuhan terhadap peraturan perundangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.


Setelah LKPD Unaudited diserahkan, pemeriksaan terinci atas LKPD Kabupaten/Kota akan segera dilaksanakan. Kepala BPK Jateng Ayub Amali berharap agar komunikasi tim pemeriksa dan pemerintah daerah berjalan dengan baik, sehingga proses pemeriksaan berjalan lancar. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti pun menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung kelancaraan proses pemeriksaan.


Idza berharap, agar nantinya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah diraih Kabupaten Brebes bisa dipertahankan lagi tahun ini. 

“Tentunya saya berharap, capaian opini WTP yang sudah diraih tahun sebelumnya bisa kita pertahankan, dan kita optimis bisa raih lagi di tahun ini,” ungkapnya(*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com