Selamat Datang!

Merasa Tak Diperhitungkan, Caridah Nahkodai Dindikpora


BREBES (ranahpesisir.com)-
Dalam diri Caridah MPd, merasa dirinya tidak diperhitungkan dalam percaturan pemilihan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes. Namun, Tuhan berkehendak lain karena terbukti fakta di lapangan berbeda dari perasaan hatinya dan prediksi banyak orang. Panitia seleksi dengan transparan menggoalkan Caridah sebagai peserta terbaik dan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) eselon II sebagai Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes. 


"Saya belum bisa berkata banyak mas, tapi yang jelas saya merasa bukan calon yang dipehitungkan sebelumnya, jadi enjoy aja," ujar Caridah merendah dalam perbincangan dengan penulis usai dilantik menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Pendopo Bupati Brebes, Rabu (23/3). 


Meski demikian, lanjutnya, dirinya berkomitmen akan menjalankan amanat yang telah diberikan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH kepada dirinya. Caridah memantapkan hatinya dan teteg dalam menjalankan roda Dindikpora. Karena dia percaya bahwa dalam bekerja itu tidak sendirian tetapi banyak teman-teman yang akan membantunya. Menurutnya, ada banyak senior dan tenaga ahli yang akan membantunya. 


"Saya bisa mantap bekerja, tentu karena banyak teman-teman yang saling bergandeng tangan, saling membantu," tandasnya. 


Caridah juga mohon doa restu dan suport kepada semua pihak agar dirinya bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. 


Seperti diketahui, proses seleksi terbuka atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Brebes, yang digelar sejak Februari lalu telah tuntas dilaksanakan dan yang terpilih dilantik dan diambil sumpahnya.


Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan berdasarkan Keputusan Bupati Brebes nomor 821.2/141/2022 tertanggal 23 Maret 2022, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Mereka adalah pejabat eselon III A meningkat menjadi eselon II B yakni Untung Rizaludin SE jabatan lama Sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes jabatan baru Staf Ahli Bupati Brebes bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Kedua, Ir Mohamad Furqon Amperawan MP jabatan lama Sekertaris Inspektorat jabatan baru Staf Ahli Bupati Brebes Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan, Drs Khaerul Abidin MM semula Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekertariat Daerah Kabupaten Brebes dengan jabatan baru Asisten Sekda bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Brebes.

Selanjutnya, Drs Eko Supriyanto MSi semula Camat Larangan dengan jabatan baru Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Kabupaten Brebes. Ineke Tri Sulistyo Waty SKM Mkes semula Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dengan jabatan baru Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes

Dan Caridah MPd pejabat fungsional Guru Madya yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala SD Negeri Grinting 02 Bulakamba dengan jabatan baru Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengajak kepada pejabat baru untuk memahami dan menjalankan tugas dalam jabatan masing-masing. Kontribusi positif bagi kemajuan institusi ini dalam pelaksanaan tugasnya dimasyarakat sangat dinantikan. Idza percaya pejabat baru mampu memenuhi harapan masyarakat dalam membangun daerah kita sendiri, demi terwujudnya tatanan masyarakat yang unggul, sejahtera dan berkeadilan.


Idza mengajak meniru sifat air dalam memimpin karena mengandung filosofi yakni air ini legowo menampung semuanya. Air ini tidak pernah membeda-bedakan siapa yang datang kepadanya. Sirup, racun, bahkan sampah pun boleh hadir ditempatnya. 


Air tidak pernah diskriminatif, yakni selalu terbuka untuk menyambut siapa saja yang ingin datang. Begitu juga seharusnya seorang pemimpin bersikap, tidak pilih kasih hanya kepada si kaya dan acuh kepada si miskin. Lewat sifat air, setiap pemimpin seharusnya belajar bahwa keadilan untuk semua orang adalah nomer satu. Sifat air yang selalu mengisi sisi-sisi kosong adalah hal berikutnya yang patut di tiru oleh seorang pemimpin. Air paham betul bahwa berdiam di satu tempat bukanlah hal yang menyenangkan. Air selalu bergerak mencari sesuatu yang baru. Begitu juga seorang pemimpin sebaiknya bertindak dan menjadi sosok yang inovatif. Seorang pemimpin seharusnya pandai mencari cara baru ketika cara lama mandek. 

“Kita barharap kepada enam pejabat yang baru dilantik ini bisa segera menyesuaikan kerja ditempat yang baru. Kepada Kadinkes dan Kadindikpora yang baru, saya tekankan, harus benar-benar bekerja keras. Jika ada program yang akan dilaksanakan dan ada kendala bisa langsung dikonsultasikan kepada Sekda, Inspektorat atau lainnya yang membidanginya,” ucapnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan menambahkan, bagi pejabat yang baru dilantik, harus gaspol dalam melaksanakan tugas.


Saat disinggung terkait kondisi IPM di Brebes, Sekda mengatakan, usai pelantikan ini, pihaknya akan segera meminta Dindikpora untuk segera berkoordinasi dengan tim yang terdiri dari Baperlitbangda dan OPD lain terkait permasalahan IPM ini.


“Saya harap, para pejabat yang dilantik segera melaksanakan tugas dan program kerja yang telah ditetapkan. Saya minta untuk gaspol,” pungkasnya.(*)


Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com