Selamat Datang!

Wakil Ketua MPR RI Apresiasi Upaya Pemkab Keluar dari Dampak Krisis Akibat Pandemi


SLAWI (ranahpesisir.com )
-Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengapresiasi respon Pemkab Tegal dalam upayanya memulihkan kondisi perekonomian daerah pasca terdampak pandemi Covid-19. Zulkifli juga memuji pemahaman yang baik dari Bupati Tegal Umi Azizah dalam melihat permasalahan perlambatan ekonomi dan merumuskan agenda solusinya.

Pernyataan tersebut mengemuka saat berlangsung acara silaturahim dan sarasehan bersama Wakil Ketua MPR RI di Pendopo Amangkurat, Rabu (02/03/2022) pagi.


Sebelumnya Umi mengungkapkan jika pandemi Covid-19 telah memperlambat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tegal hingga tumbuh minus 1,46 persen di tahun 2020. Sementara di tahun 2021, pertumbuhan ekonominya naik menjadi 3,72 persen atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang sebesar 3,32 persen.


Hal tersebut menurutnya tidak terlepas dari upaya bersama pemerintah dan pelaku usaha serta masyarakat untuk segera bangkit dan keluar dari jerat krisis akibat pandemi. Meski demikian, lanjut Umi, pandemi juga menyisakan persoalan kemiskinan di Kabupaten Tegal yang naik dari 8,14 persen di tahun 2020 menjadi 8,6 persen di tahun 2021.


Sedangkan untuk tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Tegal tahun 2021 juga mengalami peningkatan 0,15 persen poin menjadi 9,97 persen, atau sekitar 71.346 orang di Kabupaten Tegal masih menganggur.


“Kami memandang penting agenda pemulihan ekonomi, sebab ini menyangkut upaya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Oleh karenanya, kami, Pemkab Tegal terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru dengan mendorong pertumbuhan sektor industri padat karya melalui kebijakan yang pro investasi, layanan investasi dan berusaha yang mudah, terbuka, pasti dan terbebas dari praktik pungli,” ujar Umi.


Melalui forum sarasehan ini, Umi berharap jalinan komunikasi dan sinergi pembangunan pusat dan daerah menjadi lebih kuat, termasuk peran organisasi kemasyarakatan seperti Muhammadiyah.


Umi menandaskan, Muhammadiyah melalui peran Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) bisa ikut berpartisipasi dalam program UMKM Tegal Go Digital maupun Wirausaha Pemuda. Kedua program tersebut saat ini menjadi unggulan Pemkab Tegal dalam membangkitkan sektor usaha UMKM, terutama dalam merespon perkembangan ekonomi digital yang menuntut literasi tentang keuangan digital, e-commerce atau pemasaran melalui platform marketplace yang baik.


Menanggapi hal itu, Zulkifli yang datang mewakili Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap sektor perekonomian di Kabupaten Tegal dapat segera pulih seperti sedia kala. Dirinya juga mengingatkan bahwa harapan pemulihan tersebut harus dibarengi dengan upaya yang dapat mendorong pemulihan ekonomi oleh pemerintah daerah dan juga masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada ibu Bupati Tegal yang bisa memahami betul permasalahan yang dihadapi daerahnya dan pastinya ini akan sangat membantu dalam menentukan, merumuskan solusi yang tepat. Tapi perlu saya ingatkan bahwa pemerintah dan masyarakat harus bekerja bersama-sama agar tujuan dari agenda pemulihan ekonomi tersebut dapat tercapai,” katanya. (*)

Share this post :




Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com