Selamat Datang!

Resmikan Rumah Sigap, Ganjar Ingatkan Program 5 Eng

 



BREBES (ranahpesisir.com )
-Guna menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta stunting, kepala desa dan bidan desa diwajibkan tahu berapa jumlah ibu hamil dan berapa jumlah ibu hamil yang beresiko yang ada diwilayahnya. Untuk itu program 5 eng yakni Jateng gayeng nginceng wong meteng harus dikuatkan. 


Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meresmikan Rumah Anak SIGAP di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba, Brebes, Kamis (21/07) 


Kata Ganjar, Program 5eNG terbukti sangat ampuh menurunkan AKI dan AKB serta Stunting di Jawa Tengah.


Dengan 5eNG kondisi Ibu Hamil akan terpantau  dalam 4 Fase (fase sebelum hamil, fase hamil, fase persalinan, dan fase Nifas). Dan Ibu hamil dengan risiko tinggi menjadi salah satu prioritas pengamatan petugas kesehatan yang kondisi kesehatan dan konsumsi gizinya akan terus dipantau selama masa kehamilan sampai dengan setelah kelahiran. 


"Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng bisa dipakai untuk mendeteksi berapa orang hamil, berapa yang bermasalah. Sehingga bisa mendapatkan perlakuan khusus kepada ibu hamil," ujarnya.


Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH yang hadir dalam acara tersebut menyambut baik adanya Rumah Anak SIGAP dan berharap keberadaanya akan memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat Brebes. khususnya AKI, AKB dan Stunting. 



Dewan Pembina Tanoto Fundation Anderson menyampaikan Rumah Anak SIGAP adalah salah satu wujud dari kemitraan antara Tanoto Foundation dengan Pemerintah Kabupaten  dalam menerapkan program Siapkan Generasi Anak Berprestasi (SIGAP). Dengan tujuan untuk memastikan anak usia dini bertumbuh kembang sesuai dengan usia mereka, bebas dari malnutrisi dan stunting dan mempersiapkan anak-anak untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar.


Kata Anderson di Jawa Tengah, Rumah Anak SIGAP akan dibangun di empat wilayah yaitu Brebes, Banyumas, Tegal dan Semarang.



 Diharapkan dengan 4 Rumah Anak SIGAP tersebut dapat Mendukung Penurunan Angka Stunting di Jawa Tengah.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com